Saturday, December 1, 2018

Prinsip-Prinsip Inquiry/Discovery Learning

Inquiry/Discovery Learning memiliki prinsip-prinsip pembelajaran
sebagai berikut:


a. Semua aktivitas pembelajaran harus difokuskan pada cara memanfaatkan kecakapan mengolah informasi dan menerapkan hasilnya. Dewasa ini, setiap hari siswa mendapat berbagai macam
informasi. Oleh karena itu, siswa perlu dibimbing dalam cara memilih dan mengolah yang ada untuk menjawab pertanyaanpertanyaan secara logis rasional yang didukung oleh fakta-fakta atau data.

b. Siswa dipandang sebagai pusat proses pembelajaran. Semua komponen sistemik seperti guru, sumber belajar, teknologi, dan sebagainya dipersiapkan untuk menciptakan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa. Inilah yang sering disebut sebagai pembelajaran yang berpusat pada siswa (student-centered learning).

c. Di samping sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran, guru juga bertindak sebagai pembelajar yang mencari informasi lebih banyak terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar guru dapat memancing pertanyaan-pertanyaan siswa yang potensial untuk ditindaklanjuti dengan penyelidikan. Untuk itu, guru sebaiknya juga bertindak sebagai pembelajar yang selalu berusaha memperluas
dan meng-update wawasannya dengan banyak membaca

d. Penilaian kelas terutama ditekankan pada perkembangan kecakapan mengolah informasi, kebiasaan berpikir logis-analitis, prinsip-prinsip dasar bidang studi, dan pemahaman konseptual,
daripada hanya sekadar mengumpulkan fakta-fakta lapangan.