Mata Pelajaran IPA
Kompetensi Dasar:
3.7 Menganalisis interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi tersebut.
4.7 Menyajikan hasil pengamatan terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya.
1) Mengamati
Siswa mengamati gambar dua buah akuarium yang lengkap dan yang tidak lengkap komponen-komponennya.
2) Menanya
a) Siswa mengajukan pertanyaan dan memprediksi kelangsungan hidup organisme yang ada dalam kedua ekosistem tersebut.
3) Mengumpulkan data
a) Secara berkelompok, siswa mengamati lingkungan tertentu di sekitar sekolah
b) Siswa mengumpulkan data hasil pengamatan komponen penyusun ekosistem dengan menggunakan lembar pengamatan
4) Mengasosiasi/menalar
a) Dalam kelompok kecil, dengan menggunakan data/informasi yang telah diperolehnya siswa menjawab pertanyaan yang telah mereka rumuskan sebelumnya, misalnya peran setiap makhluk
hidup (komponen biotik) dan makhluk tak hidup (komponen) dalam lingkungan.
5) Mengomunikasikan
a) Siswa mempresentasikan hasil diskusinya tentang komponen penyusun ekosistem dan perannya masing-masing.
Kompetensi Dasar:
3.7 Menganalisis interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi tersebut.
4.7 Menyajikan hasil pengamatan terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya.
1) Mengamati
Siswa mengamati gambar dua buah akuarium yang lengkap dan yang tidak lengkap komponen-komponennya.
2) Menanya
a) Siswa mengajukan pertanyaan dan memprediksi kelangsungan hidup organisme yang ada dalam kedua ekosistem tersebut.
3) Mengumpulkan data
a) Secara berkelompok, siswa mengamati lingkungan tertentu di sekitar sekolah
b) Siswa mengumpulkan data hasil pengamatan komponen penyusun ekosistem dengan menggunakan lembar pengamatan
4) Mengasosiasi/menalar
a) Dalam kelompok kecil, dengan menggunakan data/informasi yang telah diperolehnya siswa menjawab pertanyaan yang telah mereka rumuskan sebelumnya, misalnya peran setiap makhluk
hidup (komponen biotik) dan makhluk tak hidup (komponen) dalam lingkungan.
5) Mengomunikasikan
a) Siswa mempresentasikan hasil diskusinya tentang komponen penyusun ekosistem dan perannya masing-masing.