Thursday, November 22, 2018

Contoh-contoh Skenario Langkah Pembelajaran dengan Menggunakan Metode Saintifik Mata Pelajaran Pendais

Contoh-contoh Skenario Langkah Pembelajaran dengan Menggunakan Metode Saintifik Mata Pelajaran Pendais




Berikut disajikan contoh langkah-langkah pembelajaran dengan metode saintifik untuk KD-KD tertentu.

Contoh 1: Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kompetensi Dasar:
1.3 Beriman kepada Hari Akhir.
2.3 Menghayati perilaku mawas diri sebagai implementasi dari pemahaman iman kepada Hari Akhir.
3.3 Memahami makna iman kepada Hari Akhir berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar, dan makhluk ciptaan-Nya.
4.3 Menyajikan dalil naqli yang menjelaskan gambaran kejadian Hari Akhir.

a. Pertemuan Pertama : 3 JP
1) Mengamati
a) Siswa bersama-sama mengamati gambar-gambar tentang peristiwa bencana alam di buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX (Buku Siswa) halaman 1 - 7 dan bukubuku lain yang relevan atau melalui video/film tentang berbagi kejadian tentang bencana alam di Indonesia dan di luar Indonesia.

b) Siswa menyimak uraian singkat dari guru tentang berbagai fenomena tentang bencana alam sebagai bagian dari tanda-tanda datangnya kiamat seperti yang ditayangkan melalui film/video.

2) Menanya
a) Siswa dalam kelompok menuliskan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan beriman kepada Hari Akhir, menyangkut pengertian, macam-macam kiamat, tanda-tandanya, bukti, peristiwa, dan kejadian-kejadiannya. Pertanyaan-pertanyaan tersebut ditulis pada kertas-kertas kecil atau post it.

b) Siswa difasilitasi oleh guru memilih atau menyortir pertanyaanpertanyaan tersebut yang sesuai dengan materi pembelajaran.

c) Pertanyaan-pertanyaan yang terpilih dibagi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan.

3) Mengumpulkan informasi
a) Siswa mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang didapat oleh kelompoknya masing-masing dengan membaca Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX
dan buku-buku referensi lain yang mengkaji masalah beriman kepada Hari Akhir.

b) Siswa berdiskusi untuk menemukan jawaban atas pertanyaanpertanyaan yang didapat oleh kelompoknya masing-masing.

4) Menalar/ mengasosiasi
a) Siswa merumuskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang didapat oleh kelompoknya masing-masing.
b) Siswa menuliskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut pada kertas plano atau kertas folio.

5) Mengomunikasikan
a) Siswa menempelkan kertas yang berisi rumusan jawaban tersebut pada dinding kelas.
b) Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya kepada anggota kelompok lain dengan cara saling berkunjung.
c) Salah angggota kelompok menjadi penyaji, sementara anggota yang lain berkunjung ke kelompok lain untuk mendengarkan dan mengkritisi.
d) Anggota kelompok yang berkunjung memberikan apresisasi terhadap hasil kerja kelompok lain dengan cara menuliskannya pada ketas hasil kerja yang dikunjungi. Setelah usai berkunjung ke kelompok lain, siswa kembali ke kelompok masing-masing untuk menginformasikan hasil kunjungannya kepada anggota kelompoknya yang menjadi penyaji. Setiap kelompok kemudian menyempurnakan jawabannya sesuai dengan masukan dari anggota kelompok lain yang berkunjung