Friday, November 20, 2020

Mesjid Tertua di Madura MEsjid Agung Sumenep

Mesjid Tertua di Madura MEsjid Agung Sumenep

Kalau di Makassar ada mesjid Katangka sebagai mesjid tertua  maka di Sumenep ada mesjid Agung sebagai mesjid tertua di MAdura. Tak jauh dari Keraton Sumenep terdapat satu bangunan unik yang menjadi salah satu daya tarik wisata di kota ini. Masjid Agung Sumenep namanya, terkadang dikenal pula sebagai Masjid Jamik Sumenep. Tembok bagian depannya tampil sangat megah berhiaskan gapura dengan warna cat yang sangat mencolok. Perpaduan warna kuning, hijau, dan putih membalut pagar pelindung itu dengan cantik. Warna yang digunakan masyarakan Madura memang cenderung lebih berani bila dibandingkan dengan warna di Jawa yang lebih kalem.

Bangunan masjid ini terletak di sebelah barat alun-alun. Sedangkan keraton sendiri terletak di timur alun-alun kota. Percaya atau tidak tata letak seperti ini sangat umum dijumpai di kota-kota di Pulau Jawa. Letak masjid yang berada di arah mata angin sebelah barat menandakan masyarakat yang religius, menyembah ke pada Tuhan Yang Maha Esa. Sedangkan letak keraton yang ada di timur menandakan rasa hormat masyarakat pada pemimpin. Selain itu juga sebagai perlambang keharmonisan hubungan antar sesama manusia.

Gapura Mesjid Agung Sumenep



Bagian dalam Masjid Agung Sumenep

Konon Masjid Agung Sumenep ini tercatat sebagai salah satu masjid tertua di Indonesia. Pembangunannya dimulai tak lama setelah bangunan Keraton Sumenep selesai dibangun. Inisiatif pendirian masjid dilakukan oleh Panembahan Somala sekitar tahun 1779 dan selesai pada tahun 1787. Ciri arsitekturnya mendapat pengaruh dari Jawa, Eropa, dan Cina. Arsiteknya juga masih orang yang sama dengan maestro di balik Keraton Sumenep, Lauw Piango.

Halaman Masjid Agung Sumenep


Masjid Agung Sumenep terlihat dari alun-alun