Abu Afiifah
Dahulu kala tepatnya tahun 93 H di kota Madinah lahir seorang anak yang di kemudian hari dikenal dengan sebutan Imam Malik.
Kunyah
beliau Abu Abdillah, dan nama lengkap beliau Malik bin Anas bin Malik
bin Abu ‘Amir bin ‘Amr bin Al Harits bin Ghaiman bin Khutsail bin ‘Amr
bin Al Harits Al Himyari Al Ashbahi Al Madani. Beliau diberi gelar
Syaikhul Islam, Hujjatul Ummah, Mufti Al Haramain (Mufti dua tanah suci)
dan Imam Daarul Hijrah.
Pada tahun yang sama wafat shahabat Nabi Anas bin Malik Radhiyallahu ‘Anhu, pelayan Rasulullah Sholallahu ‘Alaihi Wasallam.
Ayah
beliau, Anas adalah seorang ulama besar dari kalangan Tabi’in. Ibu
beliau bernama ‘Aliyah bintu Syariik Al Adziyyah. Paman-paman beliau
bernama Abu Suhail Nafi’, Uwais, Ar Rabi’, An Nadhar, semuanya putra Abu
‘Amr.
Imam Malik tumbuh dalam suasana yang penuh
pengawasan dan perhatian kedua orang tuanya, serba berkecukupan, dan
beliau memiliki ketabahan hati yang luar biasa. Beliau berperawakan
tinggi besar, berambut putih (beruban) dan berjenggot putih lebat.
Beliau berwajah tampan dan kulit beliau putih bersih dengan mata jernih
kebiru-biruan. Beliau suka sekali memakai baju putih dan beliau selali
memakai pakaian yang bersih.
Pada usia belasan
tahun Al Imam Malik mulai menuntut ilmu. Ketika berumur 21 tahun beliau
mulai mengajar dan berfatwa. Beliau berguru pada ulama terkenal di
antaranya Nafi’, Sa’id Al Maqburi, Amir bin Abdullah bin Zubair, Ibnu Al
Mukandir, Az Zuhri, Abdullah bin Dinaar, dan sederet ulama-ulama besar
lainnya.
Murid-murid Al Imam Malik banyak
sekali. Di antara mereka yang sangat terkenal adalah Ishaq bin Abadullah
bin Abu Thalhah, Ayyub bin Abu Tamimah As Sakhtiyani, Ayyub bin Habiib
Al Juhani, Ibrahim bin ‘Uqbah, Isma’il bin Abi Hakim, Ismail Ibnu
Muhammad bin Sa’ad, dan Al Imam Asy Syafi’i.
Sahabat-sahabat
Al Imam Malik diantaranya adalah Ma’mar, Ibnu Juraij, Abu Hanifah, ‘Amr
bin Al Harits, Al Auza’i, Syu’bah, Ats Tsauri, Juwairiyyah bin Asma’,
Al Laits, Hammad bin Zaid.
Al Imam Malik mempunyai karya yang besar di bidang hadits, yaitu kitab Al Muwattha, karya beliau lainnya adalah Risalah fi Al Qadar, Risalah fi Al Aqdhiyyah, dan satu juz tentang tafsir. Di samping karya-karya beliau lainnya yang tidak disebutkan di sini.
Pujian-pujian
yang datang dari para ulama kepada Al Imam Malik membuktikan tingginya
reputasi beliau dalam bidang keilmuan, tidak kurang dari murid beliau,
Al Imam Asy Syafi’i yang mengatakan, "Ilmu itu berputar-putar di sekitar
tiga orang, Malik, Laits, dan Ibnu ‘Uyainah".
Al
Imam Ahmad bin Hanbal menuturkan bahwa Imam Malik ditinjau dari sisi
ilmu lebih utama dari Al Auza’i, Ats Tsauri, Al Laits, Hammad, dan Al
Hakam.
Al Qaththan berkata, "Beliau (Al Imam Malik) adalah imam yang patut dijadikan panutan".
Al
Imam Malik adalah seorang tokoh yang gigih menyebarkan dan
mempertahankan aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah. Pendapat-pendapat beliau
tentang Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah tercermin dari ucapan-ucapan
beliau diantaranya:
1. Beliau berkata, "Iman itu
ucapan dan perbuatan (maksudnya: iman itu keyakinan di dalam hati yang
disertai dengan ucapan lisan dan perbuatan anggota badan, pent), bisa
bertambah dan berkurang dan sebagiannya lebih utama dari sebagian yang
lain."
2. Beliau berkata, "Al Qur’an itu
KALAMULLAH (firman Allah). Kalamullah itu berasal dari Allah Subhanahu
Wata’ala. Dan apa yang berasal dari Allah Subhanahu Wata’ala itu
sekali-kali bukan makhluk".
3. Beliau berkata, "Siapa yang mengatakan bahwa Al Qur’an itu makhluk, maka dia harus dicambuk dan dipenjara".
4.
Beliau berpendapat bahwa orang-orang yang beriman akan dapat melihat
Allah Subhanahu Wata’ala pada hari kiamat dengan mata kepala mereka.
Berkenaan
dengan akhlak yang harus dimiliki oleh penuntut ilmu Al Imam Malik
mengatakan, "Hendaknya seorang penuntut ilmu itu memiliki sifat teguh
hati (tabah), tenang pembawaannya (berwibawa), dan Khasyyah (takut
kepada Allah Subhanahu Wata’ala)".
Beliau sendiri
dikenal sebagai orang yang sangat takwa kepada Allah Subhanahu
Wata’ala, berwibawa, dan sangat disegani sebagaimana dikatakan Mushab
bin Abdullah dalam syairnya,
Jika Beliau tidak menjawab pertanyaan
pertanyaan tidak diajukan lagi
karena orang segan
itu disebabkan kewibawaan dan
cahaya ketakwaannya
pertanyaan tidak diajukan lagi
karena orang segan
itu disebabkan kewibawaan dan
cahaya ketakwaannya
Beliau
disegani orang kendati bukan penguasa. Al Imam Malik wafat pada tahun
179 H. Jenazah beliau dimakamkan di pemakaman Baqi’. Semoga Allah
mencurahkan rahmat-Nya kepada Imam Malik.
Sumber bacaan:
Kitab Siyar A’lam An Nubalaa
Karya Al Imam Adz Dzahabi
Kitab Siyar A’lam An Nubalaa
Karya Al Imam Adz Dzahabi
Sumber: Majalah As Salam
No. V/Tahun II-2006 M/1427 H
Halaman 53-54
No. V/Tahun II-2006 M/1427 H
Halaman 53-54