Sunday, November 29, 2020

Mangut Beong Kuliner Asli Magelang

Mangut Beong Kuliner Asli Magelang

icip-icip kuliner khas Borobudur, yang pasti tidak mudah ditemui di tempat lain, bahkan di Kota Magelang sekalipun, yaitu Mangut Beong ..



Tempat makan sederhana bernama Warung Sehati ini terletak di Desa KembanglimusBorobudur, tepat di tepi Jalan Raya Borobudur – Salaman. Warung ini memiliki menu khas olahan Beong yang pedasnya keterlaluan, pun nikmatnya !

Lalu, Beong itu itu apa ya ?

Beong adalah ikan endemik Sungai Progo, bentuknya sangat mirip dengan ikan lele, hanya saja ukurannya raksasa. Bagaimana tidak, berat seekor Beong bisa mencapai 5 kilogram. Tekstur daging Beong tebal, tidak mumpyur dan gurih bukan main. Di warung ini, Beong diolah dengan bumbu mangut yang sudah dapat dipastikan kelezatan dan kepedasannya. Hahaha ..

Sebenarnya yang banyak dicari orang adalah Mangut Kepala Beong, namun bagi saya yang selalu menyerah nguthak-uthik kepala ikan, sepertinya bagian badan Beong akan membuat saya lebih fokus menikmati nikmatnya Mangut Beong. Benar saja, saat sepiring nasi hangat nan pulen, plus sepotong badan Beong yang disiram kuah mangut berwarna merah menyala, tanpa basa basi saya menyambarnya habis ..




Tanpa henti, saya huhah huhah kepedasan, keringat pun mengucur deras, tapi sumpah deh, indera pengecap saya benar-benar dimanjakan oleh citarasa Mangut Beong Kembanglimus ini ..


Oh ya, Mangut Beong ini punya teman akrab yang akan menambah para penikmat kuliner ketagihan kembali lagi kesini, yaitu Trancam. Ada yang tidak paham apa itu Trancam ? Hmm, itu lho, semacam urap yang terdiri dari cacahan kubis, mentimun dan kecambah, plus parutan kelapa berbumbu. Ngga tahu kenapa, bagi saya, Trancam ini pun wuenak-nya keterlaluan. Saya sampai minta tambah, mungkin selain memang enak, Trancam ini seperti menetralkan rasa pedas yang disuguhkan Mangut Beong ..

Pokoknya enaaakkk .. :9

Lalu berapakah harga per porsinya ?

Huhuhu .. Saya lupa berapa pastinya, tapi kalau tidak salah ingat, kami makan berdelapan *plus driver* habisnya 190K IDR. Murah kan ?

Jadi, kalau pas berkunjung ke Magelang, luangkan waktu melipir ke Kembanglimus ya. Rasakan sensasi makan Mangut Beong yang yummy banget di Warung Sehati ini 


note : Sekarang sudah banyak warung mangut Beong sekitar Borobudur dan kota magelang Juga  ini adalah pengalaman  beberapa tahun lalu