Saturday, November 24, 2018

Kapan waktu terbaik berdoa ketika Shalat

Kapan waktu  terbaik berdoa ketika Shalat

Waktu yang disunnahkan untuk membaca doa ketika shalat adalah setelah membaca tahiyyat, hal ini berdasarkan hadits-hadits berikut ini :

"إِذَا قَعَدْتُمْ فِي كُلِّ رَكْعَتَيْنِ فَقُولُوا: التَّحِيَّاتُ لِلَّه......، ثُمَّ لِيَتَخَيَّرْ مِنَ الدُّعَاءِ مَا أَعْجَبَهُ، فَلْيَدْعُ بِهِ رَبَّهُ".
"Jika kalian duduk disetiap 2 rakaat, maka ucapkanlah : attahiyyatu lillah......., kemudian hendaknya dia memilih doa yang paling dia sukai, lalu hendaknya dia berdoa kepada Rabbnya dengan doa tersebut." [HR. Ibnu Hibbân dan dishahihkan oleh al-Albâny]
Dalam hadits yang lain disebutkan :
" إِذَا تَشَهَّدَ أَحَدُكُمْ فَلْيَتَعَوَّذْ بِاللَّهِ مِنْ أَرْبَعٍ: مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ، وَعَذَابِ الْقَبْرِ، وَفِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَمِنْ شَرِّ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ، ثُمَّ يَدْعُو لِنَفْسِهِ بِمَا بَدَا لَهُ "
"Apabila salah seorang kalian selesai tasyahhud, hendaknya dia berlindung dari 4 perkara : dari adzab Jahannam, adzab kubur, fitnah kehidupan dan kematian, dan keburukan almasih Dajjal. Kemudian setelah itu berdoa dengan doa apa saja yg ingin dia sampaikan." [HR. an-Nasâiy dan dishahihkan oleh al-Albany]

Oleh karena itu, mari kita amalkan dan manfaatkan sunnah yang satu ini, untuk berdoa kepada Allah setiap setelah selesai tahiyyat baik yang pertama maupun yang terakhir, mudah-mudahan Allah menerima doa-doa kita.. Allahumma aamiin..
Ustadz Askar Wardhana, Lc.