Sunday, October 7, 2018

Asal Kata Kota Pinrang

Asal Kata Kota Pinrang
Bismillah Assalamu alaikum



Kabupaten Pinrang terletak di ujung utara bagian barat dari Wilayah propinsi Sulawesi Selatan dengan jarak 180 Km dari Ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan (Kota Makassar). Terletak pada koordinat antara 30 19' 13" sampai 40 10' 30" Lintang Selatan (LS) dan 1190 26' 30" sampai 1190 47' 20" Bujur Timur (BT). Kabupaten Pinrang memiliki luas wilayah 1.961,77 km persegi, Pinrang berasal dari bahasa Bugis yaitu kata "benrang" yang berarti "air genangan" bisa juga berarti "rawa-rawa". Hal ini disebabkan pada awal pembukaan, daerah Pinrang masih berupa daerah rendah yang sering tergenang dan berawa-rawa. Adapula yang mengatakan bahwa akibat pemukiman kota Pinrang berupa rawa-rawa dan selalu tergenang air itulah yang membuat masyarakat senantiasa berpindah-pindah mencari wilayah pemukiman yang bebas genangan air, berpindah-pindah atau berubah-ubah pemukiman, dalam bahasa bugis disebut "Pinra-Pinra Onroang”.

Dari sejarah yang berbeda itu lahirlah istilah yang sama yaitu " PINRA " kemudian kata itu dalam perkembangannya dipengaruhi oleh intonasi dan dialek bahasa bugis sehingga menjadi Pinrang yang sekarang ini diabadikan menjadi Kabupaten Pinrang. keadaan hidrologi untuk sumber air permukaan antara lain berasal dari aliran sungai yang mengaliri wilayah-wilayah Kabupaten Pinrang. Sungai-sungai yang ada di Kabupaten Pinrang adalah sungai Kariango, Sungai Mamasa, Lasape, Galang-galang, Massila, Sibo, Aggalacangnge, Bungi dan Sungai saddang. Sungai yang terbesar adalah Sungai Saddang yang berhulu di atas pegunungan, airnya mengalir dan bermuara ke Selat Makassar.

Kabupaten pinrang mempunyai banyak sungai dan lembah, sehingga jaringan jalan yang menghubungkan daerah-daerah wilayah Kabupaten Pinrang banyak didukung dan dirangkai dengan bangunan jembatan, infrastruktur jembatan adalah penunjang dalam perekonomian dalam kesejateraan masyarakat. Sesuai UU No.38 Tahun 2004 tentang jalan: dinyatakan bahwa jalan (termasuk jembatan) sebagai bagian dari sistem transportasi nasional mempunyai peranan penting terutama dalam mendukung bidang ekonomi, sosial