Thursday, October 5, 2017

Hati Hatilah mengambil teman

Hati Hatilah mengambil teman
Bismillah Assalamu Alaikum


Asy-Syaikh Ibnu 'Utsaimin rohimahullah menjelaskan:
. "Agama dan akhlak seseorang itu dapat dipengaruhi teman dekatnya
(atau sahabat karibnya)."
.
. "Oleh karena itu, hendaknya kalian memperhatikan siapa yang akan dijadikan teman dekat." "Apabila seseorang itu bersahabat dengan ahlul-khoir (orang-orang yang baik, pen.), ia akan menjadi bagian dari mereka."
.
. "Jika dia bersahabat dengan selain mereka, maka dia pun akan menjadi seperti mereka (orang-orang yang dijadikan sahabatnya, pen.). .
.
Pelajaran dari hadits ini dan yang semakna; "Hendaklah seseorang itu memilih teman dekat dari kalangan orang-orang baik (dan sholeh)."
"Kemudian, saling mengunjungi di antara mereka. Karena pada kegiatan itu terdapat kebaikan. .
.
[ Lihat Syarah Riyadhis Sholihin (3/246) ].
.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    .

Semoga Allah Ta'ala memudahkan kita untuk berteman dengan alim ulama, orang-orang baik dan sholeh yang berjalan di atas kebenaran. Aamiin
Wallahul Muwaffiq (AH)