Tuesday, October 23, 2018

TERMASUK SUNNAH MEMBANTU PEKERJAAN ISTRI DI RUMAH

 Berkata Al Aswad bin Yazid rahimahullah :

 سَأَلْتُ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا : مَا كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصْنَعُ فِي الْبَيْتِ ؟

"Aku bertanya kepada 'Aisyah radhiyallahu 'anha : Apakah yang biasa di lakukan oleh Nabi shollallahu 'alaihi wa sallam di rumah ?".

➡ Maka 'Aisyah radhiyallahu 'anha menjawab :

كَانَ فِي مِهْنَةِ أَهْلِهِ، فَإِذَا سَمِعَ الْأَذَانَ خَرَجَ.

"Adalah beliau biasa membantu pekerjaan-pekerjaan istrinya, apabila beliau mendengarkan adzan maka beliau keluar".

📚 البخاري【 ٥٣٦٣ 】

🎙 Berkata Asy Syaikh Muhammad bin Shalih Al'Utsaimin rahimahullah :

الإنسان إذا كان في بيته فمن ‎السنة أن يصنع الشاي مثلا لنفسه ، ويطبخ إذا كان يعرف ، ويغسل ما يحتاج إلى غسله ، كل هذا من السنة ، أنت إذا فعلت ذلك تثاب عليه ثواب سنة ، اقتداء بالرسول -عليه الصلاة والسلام- وتواضعاً لله -عز وجل

"Seseorang itu apabila ia berada di rumahnya maka termasuk SUNNAH adalah hendaknya ia membuat teh untuk dirinya sendiri, memasak sendiri apabila ia tahu dan mencuci apa yang perlu untuk di cuci, semua ini adalah termasuk SUNNAH, sebagai bentuk peneladanan kepada Nabi 'alaihis shalaatu was salaam dan sebagai bentuk tawadhu' karena Allah 'Azza wa Jalla.

‏ ولأن هذا يوجد المحبة بينك وبين أهلك
(زوجتك) ، إذا شعر أهلك أنك تساعدهم في مهنتهم أحبوك ، وازدادت قيمتك عندهم ، فيكون في هذا مصلحة كبيرة .

Dan juga karena hal ini akan mendatangkan rasa cinta antara kamu dan istrimu, apabila istrimu merasa bahwa kamu membantu pekerjaannya maka ia akan mencintaimu dan bertambah nilaimu di sisinya, sehingga dalam hal ini terjadi kemashlahatan yang sangat besar".

📚 شرح رياض الصالحين【 ج ٣ / ص ٥٢٩ 】

Di terjemahkan oleh
Abu Sufyan Al Makassary..✍