Saturday, August 13, 2016

Keutamaan mempelajari hadits

Keutamaan mempelajari hadits
Bismillah
Assalamu A'laikum


Mempelajari hadits Nabi shallallahu alaihi wasallam adalah keutamaan yang amat agung, imam An Nawawi rahimahullah berkata,Sesungguhnya diantara ilmu yang paling penting adalah mempelajari hadits-hadits nabi, maksudnya mempelajari matan-matannya, shahih, hasan, dan dla'ifnya, dan ilmu-ilmu hadits lainnya, buktinya adalah : bahwa sesungguhnya syari'at kita berdasarkan kepada Al Qur'an dan sunnah, dan sunnah adalah poros hukum-hukum fiqih, dan kebanyakan ayat-ayat hukum adalah bersifat global, dan penjelasannya ada dalam sunnah.

Para ulama bersepakat bahwa diantara syarat mujtahid baik dari qadli maupun mufti adalah berilmu tentang hadits-hadits hukum. Maka menjadi jelas bahwa menyibukkan diri dengan hadits adalah kebaikan yang paling utama dan taqorrub yang paling agung".

Al'Allamah Asy Syihab Ahmad Al manini Ad Dimasyqi rahimahullah berkata," Sesungguhnya ilmu hadits adalah ilmu yang mempunyai kedudukan tinggi, kebanggan yang agung, dan sebutan yang mulia. Tidak ada yang memperhatikannya kecuali ulama dan tidak ada yang terhalang darinya kecuali orang-orang yang bodoh, dan kebaikan-kebaikan ilmu hadits tidak pernah habis sepanjang zaman??[qowaid tahdits hal 44]