Thursday, February 4, 2016

Kedudukan Hamba dalam Shalat

,
Kedudukan Hamba dalam Shalat


Imam Ibnu al-Qayyim rahimahullah mengatakan,

والناس في الصلاة على مراتب خمسة:

Terkait shalat, manusia terbagi ke dalam lima martabat.

أحدها: مرتبة الظالم لنفسه المفرط وهو الذي انتقص من وضوئها ومواقيتها وحدودها وأركانها.

Pertama, seorang yang zhalim kepada diri sendiri lagi lalai. Dialah orang yang melalaikan shalat dalam hal wudhu, waktu, berbagai aturan dan rukunya.

الثاني: من يحافظ على مواقيتها وحدودها وأركانها الظاهرة ووضوئها، لكن قد ضيع مجاهدة نفسه في الوسوسة فذهب مع الوساوس والأفكار.

Kedua, seorang yang menjaga waktu shalat, aturan, rukun beserta wudhunya. Namun, dia kurang memaksa hatinya untuk menolak waswas, akhirnya dia mengerjakan shalat sembari disertai waswas dan berbagai macam pikiran.

الثالث: من حافظ على حدودها وأركانها وجاهد نفسه في دفع الوساوس والأفكار، فهو مشغول بمجاهدة عدوه لئلا يسرق صلاته، فهو في صلاة وجهاد.

Ketiga, seorang yang menjaga berbagai aturan dan rukun shalat serta memaksa jiwanya untuk menolak waswas dan berbagai macam pikiran, sehingga dia sibuk memerangi musuhnya agar tidak mencuri shalatnya. Dengan demikian, dia senantiasa berada dalam shalat dan jihad.

الرابع: من إذا قام إلى الصلاة أكمل حقوقها وأركانها وحدودها واستغرق قلبه مراعاة حدودها وحقوقها لئلا يضيع شيئاً منها، بل همه كله مصروف إلى إقامتها كما ينبغي وإكمالها واتمامها، قد استغرق قلب شأن الصلاة وعبودية ربه تبارك وتعالى فيها.

Keempat, seorang yang apabila mengerjakan shalat, dia menyempurnakan hak-hak shalat, rukun dan batasannya. Hatinya berkonsentrasi penuh untuk menjaga berbagai batasan dan hak shalat agar dirinya tidak menyia-nyiakannya sedikitpun. Bahkan, seluruh perhatiannya tercurah untuk menegakkan dan menyempurnakan shalat sebagaimana yang diinginkan. Hatinya telah larut dalam shalat dan peribadatan kepada Rabb-nya tabaraka wa ta’ala.

الخامس: من إذا قام إلى الصلاة قام إليها كذلك، ولكن مع هذا قد أخذ قلبه ووضعه بين يدي ربه عز وجل ناظراً بقبله إليه مراقباً له ممتلئاً من محبته وعظمته، كأنه يراه ويشاهده، وقد اضمحلت تلك الوساوس والخطوات وارتفعت حجبها بينه وبين ربه، فهذا بينه وبين غيره في الصلاة أفضل وأعظم مما بين السماء والأرض، وهذا في صلاته مشغول بربه عز وجل قرير العين به.

Kelima, seorang yang apabila mengerjakan shalat, maka dia mengerjakannya seperti disebutkan pada poin sebelumnya. Namun, bersamaan dengan itu dia mengambil hatinya dan menempatkannya di hadapan Rabb-nya ‘azza wa jalla, dalam keadaan hatinya melihat kepada-Nya, terawasi oleh-Nya, serta dipenuhi oleh kecintaan dan pengagungan kepada-Nya. Seolah-olah dia melihat dan menyaksikan-Nya. Telah lenyap berbagai waswas dan pikiran yang melalaikan, serta terangkatlah penghalang (hijab) antara dirinya dan Rabb-nya. Kedudukan orang ini dibandingkan yang lain terkait perihal shalat adalah lebih afdhal dan mulia daripada perbandingan langit dan bumi. Dalam shalatnya, orang ini sibuk dengan Rabb-nya ‘azza wa jalla yang telah menjadi penyejuk matanya.

فالقسم الأول معاقب، والثاني محاسب، والثالث مكفر عنه، والرابع مثاب، والخامس مقرب من ربه لأن له نصيباً ممن جعلت قرة عينه في الصلاة،



Golongan pertama akan disiksa, yang kedua akan dihisab, yang ketiga diampuni kesalahannya, yang keempat diberi pahala, dan yang kelima kedudukannya akan didekatkan kepada Rabb-nya karena dia termasuk mereka yang telah menjadikan shalat sebagai penyejuk matanya.

فمن قرت عينه بصلاته في الدنيا قرت عينه بقربه من ربه عز وجل في الآخرة، وقرت عينه أيضاً به في الدنيا، ومن قرت عينه بالله قرت به كل عين، ومن لم تقر عينه بالله تعالى تقطعت نفسه على الدنيا حسرات،

Barangsiapa matanya tersejukkan dengan shalat di dunia, maka matanya akan tersejukkan dengan kedekatan kepada Allah ‘azza wa jalla di akhirat dan hal yang serupa dia temukan di dunia. Barangsiapa yang matanya tersejukkan dengan Allah, maka seluruh mata akan senang dengannya. Dan barangsiapa yang matanya tidak tersejukkan dengan Allah ta’ala maka jiwanya akan terdampar di dunia dipenuhi beragam penyesalan.

وقد روي أن العبد إذا قام يصلي قال الله عز وجل: (ارفعوا الحجب، فإذا التفت قال أرخوها) ، وقد فسر هذا الالتفات بالتفات القلب عن الله عز وجل إلى غيره، فإذا التفت إلى غيره، أرخى الحجاب بينه وبين العبد فدخل الشيطان وعرض عليه أمور الدنيا وأراه إياها في صورة المرآة،

Diriwayatkan bahwa apabila seorang hamba berdiri mengerjakan shalat, maka Allah ‘azza wa jalla berfirman, “Angkatlah hijab”, namun apabila hamba tersebut kemudian berpaling, maka Allah pun berfirman, “Turunkanlah hijab tersebut.” Berpaling yang dimaksud ditafsirkan dengan berpalingnya hati dari Allah kepada selain-Nya. Dengan demikian, apabila dia berpaling kepada selain-Nya, maka Allah menurunkan hijab diantara diri-Nya dan hamba sehingga setan pun masuk, memaparkan dan memperlihatkan berbagai perkara dunia dalam bentuk cermin (ketika dirinya mengerjakan shalat).

وإذا أقبل بقلبه على الله ولم يلتفت لم يقدر الشيطان على أن يتوسط بين الله تعالى وبين ذلك القلب، وإنما يدخل الشيطان إذا وقع الحجاب، فإن فر إلى الله تعالى وأحضر قلبه فر الشيطان، فإن التفت حضر الشيطان، فهو هكذا شأنه وشأن عدوه في الصلاة.

Apaila hatinya menghadap kepada Allah dan tidak berpaling, maka setan tidaklah kuasa untuk menyusup diantara Allah dan hati tersebut. Setan hanya mampu menyusup apabila terdapat hijab antara Allah dan hamba. Namun, apabila hamba lari kepada Allah ta’ala dan menghadirkan hati, maka setan pun akan lari. Namun, apabila dirinya berpaling, maka setan pun hadir. Demikianlan gambaran seorang hamba dan musuhnya dalam shalat.

Al Wabilush Shayyib 38-39 dengan perantaraan Al Majmu Al Qayyim min Kalami Ibni al-Qayyim hlm. 19-20.