Peluang Amal Jariyah

Peluang Amal Jariyah

Sebagian Sebab-Sebab Kemenangan

 on Saturday, May 23, 2015  



Syaikh Muhammad Bin Jamil Zainu
Pada Waktu Umar Ibnul Khattab mengirimkan utusan di bawah pimpinan Sa’ad Bin Abi Waqash untuk menaklukkan Persia, beliau menulis pesan yang isinya sebagai berikut:
1. Takwa Kepada Allah 
Setelah itu, aku perintahkan kepada kamu dan semua tentara yang ikut bersamamu untuk bertakwa kepada Allah dalam keadaan bagaimanapun juga, sebab takwa adalah senjata yang paling ampuh untuk menaklukkan musuh serta siasat perang yang paling hebat.
2. Meninggalkan Segala Bentuk Perbuatan Maksiat
Aku perintahkan pula kepadamu dan orang-orang yang ikut bersamamu, agar menjaga diri dari perbuatan maksiat lebih cermat daripada menjaga dari serangan musuh. Karena dosa-dosa para tentara (yang ikut bersamamu -red) itu lebih menakutkan kepada mereka sendiri daripada musuhnya. 
Kemenangan kaum muslimin itu akibat oerbuatan maksiat musuhnya. Andaikata mereka tidak berbuat maksiat, pasti orang-orang islam tidak memiliki kekuatan, sebab jumlahnya kekuatan dan perbekalan tidak sekuat dan sebanyak musuh mereka. Andaikata mereka sama-sama berbuat maksiat pasti musuh Islam lebih kuat. Seandainya kita tidak diberi kekuatan dengan takwa dan meninggalkan maksiat, pasti kita tidak dapat mengalahkan mereka. 
Ketahuilah bahwasanya sewaktu kamu berangkat ke Persia, setiap dirimu diawasi oleh malaikat yang mengetahui segala perbuatanmu. Hendaklah kamu malu kepada mereka. Dan janganlah kamu berbuat maksiat di tengah-tengah kamu berjuang menegakkan agama Allah. Begitu pula jangan beranggapan bahwa musuh kita lebih jelek daripada kita sehingga tidak mungkin mereka menguasai kita walaupun kita berbuat maksiat (kejelekan). Karena banyak manusia yang dipimpin oleh orang yang lebih jelek dari mereka. Seperti Bani Israil, karena perbuatan maksiat, akhirnya mereka dipimpin (dikuasai -red) oleh orang kafir majusi.
3. Mohon Pertolongan Kepada Allah
Memohonlah kamu kepada Allah untuk kemenanganmu,  serta memohon keselamatan daripada godaan maksiat sebagaimana kamu meohon kemenangan terhadap musuh-musuhmu. Dan berdo’alah kamu kepada Allah baik untuk kita maupun untuk kamu sendiri.
Dinukil dari kitab "Taujiihaat Islaamiyyah li Ishlaahil Fard wal Mujtama’"Edisi Indonesia Bimbingan Islam Untuk Pribadi dan Masyarakat
Sebagian Sebab-Sebab Kemenangan 4.5 5 Abdullah Al Pinrany Saturday, May 23, 2015 Syaikh Muhammad Bin Jamil Zainu Pada Waktu Umar Ibnul Khattab mengirimkan utusan di...


Powered by Blogger.