Saturday, May 2, 2015

5 khasiat dan kegunaan kismis

5 khasiat dan kegunaan kismis
Kismis adalah buah anggur yang dikeringkan. Penggunaan kismis (vitis Vinifera) dalam berbagai tradisi dan budaya mungkin berbeda antara satu dan lainnya. Kismis sangat manis yang disebabkan kepekatan gula yang tinggi dan bila disimpan terlalu lama,maka gulanya akan membentuk kristal di dalam buahnya.

manfaat kismis
kaskus.co.id


Sebanyak 60% berat kismis terdiri dari gula, separuhnya fruktosa, dan separuhnya lagi glukosa. Kismis sangat tinggi akan kandungan antioksidannya dibandingkan dengan buah prune dan aprikot. Kismis sendiri telah lama digunakan sebagai sumber diet untuk mendapatkan acid lemak dan tokoferol sebagai antioksidan.
Beberapa khasiat dan kegunaan kismis sebagai berikut:
  1. Melindungi hati
  2. Memperbaiki sirkulasi (termasuk bagi kondisi seperti varicose veins, bengkak, lebam (bruise), dan pandangan kabur)
  3. Melancarkan pembuangan air besar
  4. Memperbaiki tone dan kekenyalan kulit
  5. Melawan bakteria mulut yang menyebabkan sakit gigi
Selain itu, kismis sendiri mampu menurunkan kadar radikal bebas. Radikal bebas merupakan senyawa yang dapat merusak sel dan membuat tubuh sulit untuk kembali bugar setelah berolahraga. Fakta ini terungkap dalam pertemuan tahunan American College of Nutrition. Para peneliti mempelajari delapan atlit triathlon yang berkompetisi dalam dua minggu yang terpisah. Pada satu perlombaan, mereka diberi makan kismis dan pada perlombaan lainnya tidak. “Kismis secara signifikan mengurangi jumlah kerusakan sel pada tubuh atlit akibat radikal bebas” menurut sebuah penelitian pada UCLA tahun 2014 kemarin