Peluang Amal Jariyah

Peluang Amal Jariyah

Menunda Sholat Zuhur Ketika Cuaca Sangat Panas

 on Saturday, March 28, 2015  


Dari Abū Żar raḍiyallāhu’anhu, beliau menuturkan,

“Suatu ketika kami  berada bersama Nabi ṣallallāhu ‘alaihi wa sallam dalam sebuah perjalanan. Kemudian muadzin bermaksud untuk mengumandangkan ażan ṣalāt ẓuhur.

Nabi ṣallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tunggulah sampai agak lebih dingin.”

Kemudian orang itu pun bermaksud untuk mengumandangkan ażan. Maka, beliau mengatakan, “Tunggulah sampai agak lebih dingin.”

Ketika kami melihat bayangan benda sudah condong, Nabi ṣallallāhu ‘alaihi wa sallam pun memerintahkan,

“Sesungguhnya teriknya panas ini berasal dari pancaran Jahannam. Oleh karena itu, jika cuaca sangat panas, hendaklah menunda waktu ṣālat hingga menjadi lebih dingin.”

(HR. Bukhari  dalam Kitab Mawāqit aṣ-Ṣalāh [no. 514])

Faidah Hadits

Imam Bukhārī raḥimahullāh mencantumkan hadits ini dalam Bab al-Ibrad biẓ Ẓuhri fis Safar/menunda ṣalāt ẓuhur sampai cuaca menjadi agak lebih dingin pada saat bersafar. Maksud beliau adalah untuk menunjukkan bahwasanya anjuran untuk menunda ṣalāt ẓuhur hingga cuaca menjadi lebih dingin tidak hanya berlaku pada kondisi tidak bersafar (hadir), tetapi hal itu juga berlaku pada saat safar/bepergian.
Perintah Nabi ṣallallāhu ‘alaihi wa sallam untuk menunda ażan secara implisit menunjukkan bahwa pada hakikatnya ażan itu dikumandangkan sebagai panggilan untuk ṣalāt berjama’ah, bukan semata-mata pemberitahuan masuknya waktu ṣalāt. Akan tetapi, sebagian ulama ada yang menafsirkan bahwa yang dimaksud ‘ażan’ di sini adalah iqāmah.
Anjuran menunda ini tidak memiliki batasan kaku berapa lama –karena para ulama pun berbeda pendapat tentang ukurannya- hanya saja yang jelas tidak boleh terlalu lama sehingga berada di akhir waktu. Dengan demikian, praktiknya bisa disesuaikan dengan situasi dan kondisi jama’ah atau masyarakat setempat
* Sumber Bacaan: Fath al-Bari Syarh Shahih al-Bukhari. Link: http://www.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?idfrom=1008&idto=1009&bk_no=52&ID=362

* Sumber ilustrasi gambar: http://ht.ly/eObCn 

artikel: www.pemudamuslim.com


Menunda Sholat Zuhur Ketika Cuaca Sangat Panas 4.5 5 Abdullah Al Pinrany Saturday, March 28, 2015 Dari Abū Żar raḍiyallāhu’anhu, beliau menuturkan, “Suatu ketika kami  berada bersama Nabi ...


Powered by Blogger.