Peluang Amal Jariyah

Peluang Amal Jariyah

Keajaiban Hafalan

 on Tuesday, March 24, 2015  



Muhammad bin Abi Hatim Al-Warraq berkata : Aku mendengar Hasyid bin Isma’il dan selainnya mengatakan : Dahulu ketika masih remaja, Abu Abdillah Al-Bukhari berganti-ganti pergi bersama kami kepada para syaikh Bashrah.

Dia tidak menulis sampai suatu hari kami bertanya kepadanya : “Sesungguhnya engkau bergantian bersama kami sedangkan engkau tidak menulis, maka apa yang engkau kerjakan ?”

Pada suatu hari dia berkata kepada kami - setelah enambelas hari - : “Sesungguhnya kalian berdua banyak berkomentar tentangku dan mendesakku, maka tunjukkanlah apa yang telah kalian tulis.”

Maka kami berikan kepadanya apa yang ada pada kami. Diapun menambahkan 15.000 hadits, dia membaca seluruhnya dari hafalannya. Sehingga kami jadikan hafalannya sebagai pengoreksi kitab-kitab kami.

Kemudian Al-Bukhari berkata : “Apakah kalian berpandangan aku bergantian pergi dengan percuma dan kusia-siakan hari-hariku ?” Maka kamipun menjadi tahu tidak ada seorangpun yang bisa melebihi dia.

Kisah di atas, yang saya nukil dari buku “Keajaiban Hafalan”, adalah satu bukti keunggulan umat Islam dalam menghafal. Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memberi kemampuan menghafal yang tidak pernah diberikan kepada seorangpun dari umat-umat sebelumnya.

keajaiban-hafalan

Bagi mereka para imam Al-Quran adalah termasuk yang paling mudah dihafal. Di antara yang tercepat adalah Abu Wa’il Syaqiq bin Salamah (wafat tahun 82H) mempelajari/ menghafal Al-Quran hanya dalam waktu 2 bulan saja.

Di antara yang paling banyak hafalannya adalah Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah (wafat tahun 241 H) yang hafal 1.000.000 (satu juta) hadits. Dihitung dari hadits yang terulang, atsar, fatwa tabi’in dan lain-lain.

Lebih dari itu mereka bila telah menghafal, maka tidak pernah lupa lagi. Asy-Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah (wafat tahun 1420 H) masih hafal “Kitabul Iman” karya Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah walaupun telah 40 tahun tidak membacanya lagi.

Masih banyak kisah lain yang menakjubkan tentang cepatnya menghafal, banyaknya hafalan dan kekuatan hafalan yang diceritakan di dalam buku tersebut. Disebutkan pula metode menghafal dan sebab-sebab hafalan.

Muhammad bin Yasir al-Azdi berkata :
Bila engkau bukanlah seorang yang menjaga dan menghafal; Maka kitab-kitab yang engkau kumpulkan tidaklah bermanfaat; Di suatu majelis aku dituding sebagai orang yang bodoh; Dan ilmuku tertinggal di rumah.

Bila dulu pernah ada gerakan “Ayo Membaca”, maka mungkin bisa pula ditambah gerakan “Mari Menghafal”
Keajaiban Hafalan 4.5 5 Abdullah Al Pinrany Tuesday, March 24, 2015 Muhammad bin Abi Hatim Al-Warraq berkata : Aku mendengar Hasyid bin Isma’il dan selainnya mengatakan : Dahulu ketika masih remaja, Ab...


Powered by Blogger.