Kakek Ini Merangkak selama 60 tahun ke Mesjid Shalat Berjamaah Karena Cacat (Masihkan Anda malas Berjamaah di MEsjid?)

 on Saturday, February 14, 2015  


Hanya iman yang kuat yang mampu mengalahkan segala hambatan dan rintangan. Apalagi untuk menunaikan perintah Allah 'Azza Wa Jalla.
Dan, keimanan itulah yang menuntun Abdullah Al-Asiri, seorang kakek berusia 77 tahun untuk shalat berjamaah 5 waktu di masjid yang ada di sebuah desa di Arab Saudi.
Meski kondisi kakek ini cacat sejak lahir, namun ia tetap berangkat ke masjid terdekat setiap kali waktu shalat tiba, Ia ke masjid sambil merangkak dengan sokongan kedua tangannya. Dan ini telah berlangsung sejak kurang lebih 65 tahun. Subhanallah, Allahu Akbar…
Cuplikan sebagian kejadian di atas bisa dilihat di youtube atau di jejaring Facebook. Pengunggah video yang juga perekamnya adalah Abdul Aziz Makhafah, keponakan sang kakek. Makhafah mengatakan, pamannya itu tinggal di desa Al-Azizah di bukit Saudah dekat kota Abha, Arab Saudi. Sang kakek yang bernama Abdullah Al-Asiri (77) ini sudah terlahir dalam keadaan cacat dan dirawat oleh kakaknya Ahmad dan dua orang istrinya.
Kepada Koran Sabq Abdul Aziz menambahkan, kedua istri Ahmad membersihkan dan membuatkan jalan khusus untuk sang kakek agar mudah ke masjid dan tidak tersengat oleh panas matahari. Lebih mencengangkan, jika hari Jumat kakek ini pergi ke masjid sejauh 3 km dengan merangkak sebelum ada tumpangan kendaraan umum. Meski demikian, ia lebih sering mengurus dirinya sendiri tanpa bantuan orang lain.

Abdul Aziz Makhafah mengatakan, ia telah mengunggah sebuah video singkat pamannya ke Youtube untuk menunjukkan semangat dan tekadnya untuk pergi shalat berjamaah ke masjid meski dia dalam kondisi terbatas dan cacat. Di video tampak sang kakek Abdullah menceritakan kedamaian hidupnya ada di masjid. Capek dan lelah yang dialami tak seberapa nilainya dengan kedamaian itu.

Kakek ini benar-benar memahami keutamaan shalat berjamaah di masjid seperti yang ditegaskan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Jikalau manusia mengetahui apa yang ada di dalam adzan dan shaf pertama, kemudian mereka tidak mendapatkan hal itu kecuali dengan berundi atasnya maka niscaya mereka akan berundi, jikalau mereka mengetahui apa yang ada di dalam bersegera pergi ke masjid maka niscaya mereka akan berlomba-lomba kepadanya, jikalau mereka mengetahui apa yang ada di dalam shalat isya’ dan shalat shubuh maka niscaya mereka akan mendatangi keduanya walau dalam keadaan merangkak,”
(HR. Al-Bukhari dan Muslim)


Saudaraku sekalian, mumpung Allah belum mencabut kenikmatannya dari kita berupa kesehatan dan kekuatan fisik, mata yang masih melihat, kedua kaki yang masih kuat, serta umur yang masih muda, maka gunakanlah untuk menunaikan perintah Allah yakni salah satunya adalah kewajiban shalat berjamaah atas setiap muslim laki-laki.
Sebagai penutup, perhatikanlah peringatan dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berikut ini :
Beliau bersabda: "Barangsiapa mendengar seruan adzan tapi tidak memenuhinya (mendatanginya), maka tidak ada shalat baginya kecuali karena udzur".
Ditanyakan kepada Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhu, 'apakah yang dimaksud dengan UDZUR?, Beliau menjawab; "Rasa takut (tidak aman dan Sakit".
[Hadits Shahih Riwayat Ibnu Majah 793, Ad-Daruquthni 1/421,422, Ibnu Hibban 2064, & Al-Hakim 1/246]

Semoga Allah senantiasa memberikan hidayah kepada kita semua agar senantiasa istiqamah di atas ketaatan kepada Al-Qur'an dan As-Sunnah, aamiin. Baarakallaahu fiykum.

Dinukil dari Indoweb.Tv
Bagi yang ingin ilhat videonya di youtube silahkan klink link di bawah ini
Kakek Ini Merangkak selama 60 tahun ke Mesjid Shalat Berjamaah Karena Cacat (Masihkan Anda malas Berjamaah di MEsjid?) 4.5 5 Abdullah Al Pinrany Saturday, February 14, 2015 Hanya iman yang kuat yang mampu mengalahkan segala hambatan dan rintangan. Apalagi untuk menunaikan perintah Allah 'Azza Wa Ja...


Powered by Blogger.