Peluang Amal Jariyah

Peluang Amal Jariyah

Wanita yang Terkena Fitnah Akibat Suara yang Bagus

 on Sunday, January 4, 2015  



Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu

Barra’ Ibnu Malik Radhiyallahu ‘Anhu adalah seorang lelaki yang bersuara bagus. Ia pernah melagukan syair dengan irama rajaz untuk Rasulullah Sholallahu ‘Alaihi Wasallam di salah satu perjalanan beliau.

Di tengah ia berlagu, tiba-tiba ia berpapasan dengan seorang perempuan, maka bersabdalah Rasulullah Sholallahu ‘Alaihi Wasallam kepadanya (yang artinya), "Berhati-hatilah terhadap perempuan". Dan tambahnya lagi, "berhentilah kamu (dari melagukan syair)". Al-Hakim berkata bahwa Rasulullah Sholallahu ‘Alaihi Wasallam benci kepada perempuan yang mendengarkan suaranya (suara Barra’ Ibnu Malik). Hadits Shahih, riwayat Hakim, disetujui oleh Adz Dzahabi.

Apabila Rasulullah mengkhawatirkan wanita terkena fitnah akibat mendengarkan syair dengan suara yang bagus, maka bagaimana kira-kira sikap Rasulullah Sholallahu ‘Alaihi Wasallam bila mendengar suara perempuan yang sudah rusak moralnya lewat radio yang disiarkan sekarang ini?

Dan bagaimana pula jika mendengar penyanyi lawak dan cabul serta lagu-lagu cinta? Syair-syair yang menggambarkan bentuk pipi, ukuran badan, bentuk badan, buah dada yang membakar cinta dan kehidupan bebas? Apa sikap Rasulullah Sholallahu ‘Alaihi Wasallam bila mendengar nyanyian tersebut dengan iringan musik yang bisa mengundang bahaya seperti bahaya arak?
 
dinukil dari buku "Rasailut Taujihat Al Islamiyah"
Edisi Indonesia "Bimbingan Islam Untuk Pribadi dan Masyarakat"
Penerbit Darul Khair, Jeddah
Wanita yang Terkena Fitnah Akibat Suara yang Bagus 4.5 5 Abdullah Al Pinrany Sunday, January 4, 2015 Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu Barra’ Ibnu Malik Radhiyallahu ‘Anhu adalah seorang lelaki yang bersuara bagus. Ia pernah me...


Powered by Blogger.