Wednesday, January 14, 2015

SIKAP AHLUS SUNNAH TERHADAP TRAGEDI PEMBUNUHAN DI KANTOR SURAT KABAR DI PARIS

, ,
SIKAP AHLUS SUNNAH TERHADAP TRAGEDI PEMBUNUHAN DI KANTOR SURAT KABAR DI PARIS


Asy Syaikh Ubaid al Jabiry Hafizhahullah
As-Syaikh Ubaid Al-Jabiry ditanya tentang pembunuhan yang terjadi di Paris, bagaimana sikap salafy terhadap perbuatan tersebut?
Sebagaimana tidak samar atas anda wahai syaikh kami semoga Alloh menjagamu, telah dibunuh sebelum zawal pada hari Rabu 12 orang, diantara mereka ada para wartawan dan polisi, di kantor surat kabar di Paris, orang-orang yang melakukan kejahatan ini mereka berdalih membalas dendam untuk Rasulullah, dan sekarang semua telunjuk mengarah kepada kaum muslimin dan semalam ada api yang dilemparkan ke masjid-masjid dan bahkan dilemparkan bom ke sebagianya
Pertanyaan:
Bagaimana sikap salafy terhadap tindakan teroris ini, dan apa nasehat umum anda terhadap kaum muslimin di Perancis juga para da’i dan para khotib salafiyin?
Jawab:
Yang pertama:
Amalan ini bukan amalan ahlis sunnah bahkan dia adalah tindakan para perusak dari kalangan Khawarij dan orang yang berjalan diatas jalan mereka meskipun mereka menisbahkan diri kepada Islam.
Yang kedua:
Aku katakan kepada para tetangga kalian dari kalangan orang kafir di Perancis dan selain mereka di Eropa dan Amerika,  kalian tidak akan mendapati seorang yang berilmu ahlus sunnah mengakui tindakan-tindakan ini, dan mendukungnya,  bahkan ahlus sunnah, ulama-nya, para penuntut ilmu,  juga yang awamnya mengingkari tindakan kekacauan ini, orang yang melakukanya maka bisa jadi dia seorang Khawarij atau orang yang bodoh yang tidak mengenal sunnah dan tidak mengetahui bagaimana ahlus sunnah berinteraksi bersama para tetangganya yang non muslim. Ahlus sunnah bertetangga dengan baik,  menjaga perjanjian dan tidak mengakui berbagai tindakan kekacauan yang rendah ini.

Dan sebagai penutup ucapan,  aku nasehatkan pada anak-anakku dari kalangan kaum muslimin baik mereka para khotib, para guru, para dai agar mengumumkan baro’ (berlepas diri) dari tindakan-tindakan rendahan ini dan agar menciptakan rasa aman dan segala yang mereka sanggupi untuk hal itu.
Semoga Alloh memberi taufiq pada semuanya, pada apa yang diridhai-Nya dan shalawat serta salam semoga terlimpahkan atas nabi kita Muhammad dan atas keluarga dan sahabatnya semua.
Didiktekan oleh:
Ubaid bin Abdillah bin Sulaiman Al-Jabiry mantan dosen di Universitas Islam Madinah
pada pagi hari Jum’at bertepatan tanggal18 Rabi’ul awal 1436 bertepatan tanggal 9 Januari 2015.
  كــلام الشَّــيخُ العلّامــة/
عُــبيد الجَــابِري -حَــفظُﮧُ الله – حول ما جرى مؤخرا في باريس .
——–
سئل الشيخ عبيد الجابري حفظه الله عما جرى في باريس من قتل ، فما هو موقف السلفي من هذه الأعمال ؟
كما ﻻ يخفــى عليكم شيخنا -حفظك الله- قتل قبل زوال يوم الأربعاء 12شخصا منهم صــحفين وشرطة بمقر جريدة بــاريس والذين قاموا بهذه الجريمة زعموا أنّهم انتقموا للرسول صلى الله عليه وسلم والان الأصابع تشير للمسلمين والبارحة أطلق النار على المساجد ورُميت قنبلة في بعضها .
السؤال: فمــا الموقف السلفي من هذه الأعمــال الإرهابية فما نصيحتكم العامة للمسلمين في فرنسا والدعــاة والخطباء السلفين خاصة؟.
الــجَــوابُ:
«بسم الله والحمد لله وصلى الله وسلم على نبينا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين.
أوﻻ: ليس هذا العمل من عمل أهــل السنة بل هو من عمل المخربين من الخوارج ومن يسير في فلكهم وإن كانوا ينتسبون للإسلام.
وثانيا: أقــول لجيرانكم من الكفار من فرنسين وغيرهم في أوروبا وأمريكا لن تجدوا عالمــاً صاحب سنة يقرّ هذه الأعمال ويشجعونها بل أهل السنة علمائهم وطلاب العلم وعوامهم يستنكــرون هذه الأعمال الفوضوية ومــن نفّــذها فهو إما خارجي أو جاهل ﻻ يعرف السنة وﻻ يعرف كيف يتعامل أهل السنة مع جيرانهم من غير المسلمين .
أهل السنة يحسنون الجوار ويحفظون العهد وﻻ يقرون هذه الأعمال الفوضوية الهمجية .
وختام القول أنصح أبنائنا من المسلميــن سواءً كانوا خطباء أو مدرسين أو دعــاة بأن يعلنوا براءتهم مــن هذه الأعمــال الهمجــيّة وأن يُشعــروا الأمن وكل ما يستطيعون بذلك .
وفق الله الجميع لما فيه مرضاته وصل الله وسلم على نبينا محمد وعلى اله وصحبه اجمعين .
أملاه
عُــبيد بن عـبـد الله بن سليــمان الجَــابِري المدرس بالجامعة الإسلامية سابقا
وكان ذلك صباح الجمعة
الموافق 18-ربيع الأول-1436
الموافق  9-يناير-2015 »
http://www.sounnah-publication.com/2015/01/la-position-de-la-salafiyya-face-aux.html?m=1
Alih bahasa : Ustadz Ahmad Santoso