Catatan hal-hal menarik dalam hidup

Blog Popular

15 Maret, 2013

Guru Bersertifikasi mari check Data Guru/PTK Melalui p2tkdikdas.kemdikbud.go.id

By on 03.49

Cek Data Guru/PTK Melalui p2tkdikdas.kemdikbud.go.id

Mari kita sering-sering mencheck data kita apalagi kalau anda sudah menerima tunjangan sertifikasi guruMungkin, selama ini guru/PTK tidak mempersoalkan atau kurang mempedulikan data dirinya. Memang pada tahun-tahun sebelumnya tidak ada masalah yang berarti, hingga akhirnya mulai tahun ini dengan diberlakukannya pendataan sekolah secara online, maka semua unsur data sekolah termasuk PTK akan diupdate datanya berdasarkan data pada DAPODIK sekolah yang tentunya sudah diisi melalui aplikasi pendataan sekolah dan dikirim ke server pusat dapodik.

Ini tentunya berdampak pada guru yang sudah bersertifikat pendidik, mulai tahun 2013 penerbitan SK Tunjangan Profesi atau yang lebih dikenal dengan SK Dirjen akan didasarkan pada dapodik yang diupload ke Pendataan Sekolah. Maka dari itu mari kita pantau dan cek kualitas data PTK yang telah masuk di Dapodik.

Untuk mencheck  data masing-masing guru sudah valid atau belum, langkah yang harus anda lakukan yaitu:
Buka alamat http://p2tkdikdas.kemdikbud.go.id
Setelah masuk halaman utama, terdapat login box yang dapat kita gunakan dengan cara :
  • Masukkan NUPTK sebagai username serta tanggal lahir sebagai password dgn format YYYYMMDD. Sebagai contoh jika tgl lahir anda 2 Agustus 1986 passwordnya: 19860802

  • Jika login gagal, akan ada keterangan mengenai alasan kegagalan di bawah form.

  • Jika muncul informasi NUPTK tidak ditemukan, ada beberapa kemungkinan. 1) Kolom NUPTK belum diisi pada data Dapodik anda; 2) Kolom NUPTK anda diisi namun salah ketik. 3) Data Dapodik belum terimport ke basis data.
Jika login berhasil maka akan muncul data PTK seperti ini



Ada 20 field data yang dapat ditampilkan, untuk melihat kelanjutan data lletakkan kursor pada tabel data, kemudian gunakan tombol arah/panah ke bawah, sehingga akan tampil seperti ini ..




 
Yang perlu diperhatikan pada data tersebut, PTK harus baca terlebih dahulu

Info Tentang Kelengkapan Data PTK Pada Dapodik Terkait Tunjangan

Yang terpenting pastikan data PTK kita yang terisi pada Dapodik Sekolah, yang dientry oleh Operator Sekolah benar-benar lengkap dan valid. tanyakan pada operator dapodik sekolah mengenai data anda, atau anda dapat baca..
Cara Cek Dapodik Sekolah Melalui Pendataan Dikdas Kemdikbud

Namun akhir-akhir ini anda harus bersabar karena begitu banyaknya yang mengakses situs p2tkdikdas.kemdikbud.go.id jadi susah untuk diakses atau meskipun masuk tetap susah untuk proses loginnya

Sumber : http://sdnkedoyosatu.blogspot.com/2012/12/cek-data-guruptk-melalui.html 

Sekarang anda bisa mengakses data ini dengan url alternatif:

Kependidikan (Dapodik) itu adalah http://223.27.144.195/info.php. Jadi jika saat Anda ingin mengecek verifikasi data di P2TK Dikdas, dengan alamat http://p2tkdikdas.kemdikbud.go.id atau http://116.66.201.163:8000/index.php kesulitan, Anda bisa mengunjungi http://223.27.144.195:8082/info.php sebagai alternatifnya.
Data verifikasi PTK atau guru yang ditampilkan Direktorat P2TK Dikdas berasal dari Dapodik. Data tersebut dimasukan dan dikirim oleh operator sekolah melalui aplikasi yang sudah disediakan Kemendikbud. Dapodik sebagai bahan mentah yang digunakan untuk menyalurkan tunjangan profesi guru sesuai kriteria dan aturan yang telah ditentukan.
Cara Mengecek Verifikasi Data Guru atau PTK Lebih Cepat di Alamat Situs Alternatif Direktorat P2TK Dikdas.
1. Kunjungi situs alternatif P2TK http://223.27.144.195:8082/info.php
2. Masukan NUPTK dan password yaitu tanggal lahir dengan format YYYYMMDD. Contoh: jika tanggal lahir Anda
 
Jika web ini error/lambat, pilih salah satu di bawah ini
Info (Mirror 1) | Info (Mirror 2)
Info (Mirror 3) | Info (Mirror 4)
FAQ (Frequently Asked Question)
 
Dan JAngan lupa berdoa semoga dimudahkan 
 

Followers