Catatan hal-hal menarik dalam hidup

Blog Popular

28 Februari, 2013

Pengertian Diet dan Jenis Diet Untuk berbagai penyakit

By on 03.02



Sejalan dengan semakin mapannya kehidupan seseorang, kebutuhan makanan yang lebih baik juga semakin meningkat. Hal ini ditandai juga dengan pilihan makanan yang sehat dan tepat. Kesehatan erat kaitannya dengan kualitas fisik, dan kualitas fisik erat kaitannya dengan konsumsi pangan.

Sehubungan dengan hal tersebut pola hidup sehat pada masyarakat perlu ditingkatkan keberadaannya. Lebih-lebih pada negara berkembang dimana status kesehatan sangat dibutuhkan. Salah satu cara untuk meningkatkan pola hidup sehat adalah dengan diet.

Diet dapat diartikan pengaturan atau pemilihan makanan yang harus dimakan oleh seseorang atau sekelompok orang. Dengan demikian diet tidak berarti menurunkan berat badan, tetapi bisa lebih luas artinya yaitu pengaturan makanan sehari-hari supaya tetap sehat, pengaturan makanan untuk atlit, untuk keperluan khusus dan untukpenyembuhan.

 Adapun diet untuk berbagai Penyakit adalah :

1) Diet untuk penderita Diare
Pengaturan makanan secara umum untuk penderita diare biasanya cairan harus cukup, larutan oralit. Suhu yang makanan hangat, bentuk makanan lunak, bumbu tidak merangsang, sayuran dan buah tidak menimbulkan gas.

2) Diet untuk pendenderita campak
Adalah makanan yang mempunyai tekstur lunak. Kebutuhan kalori lebih tinggi dari pada kebutuhan normal. Sumber protein 1½ x kebutuhan normal. Makanan diberikan dalam porsi kecil tetapi lebih sering yaitu 5-6 kali sehari

3) Diet rendah purin
Diet rendah purin biasanya diberikan kepada penderita gout. Gout adalah suatu penyakit yang berhubungan dengan kelebihan kadar asam urat dalam tubuh. Kadar purin (asam urat) dalam makanan sehari-hari dengan mengganti daging dengan tempe, atau dengan yang lebih rendah kadar purinnya seperti telur, susu dan keju. Diet rendah purin hanya mengandung 120-150 mg purin (makanan normal sehari-hari hanya 600-1000 mg), cukup kalori, protein, mineral dan vitamin. Hidrat arang tinggi dan lemak sedang. Banyak minum dapat membantu mengeluarkan asam
urat yang berlebihan.

4) Diet Diebetis Mellitus (DM)
Tujuannya adalah supaya makanan yang disajikan sesuai dengan kesanggupan tubuh untuk menggunakannya. Hal yang perlu diperhatikan adalah jumlah kalori sesuai dengan berat badan, tinggi badan, jenis kelamin, aktifitas, kelainan metabolik dan suhu tubuh. Gula murni tidak boleh digunakan dan jumlah karbohidrat disesuaikan dengan kesanggupan tubuh.

5) Diet tinggi serat
Diet ini disebut juga diet rendah kelori dan diberikan dengan tujuan merangsang peristaltik usus agar dapat normal kembali. Makanan diperuntukkan bagi penderita obtivasi dan penyakit vertikular. Syarat diet ini cukup kalori dan vitamin banyak cairan (2-2½ liter kalori). Jenis bahan makanan yang dianjurkan beras tumbuk, beras ketan hitam, kacang-kacangan, sayuran mentah, dan buah yang dimakan dengan kulitnya.

6) Diet rendah kalori
Diet ini ditujukan untuk menurunkan berat badan bagi penderita kegemukan. Syarat utamanya dalam makanan kalori dikurangi 500-1000 kalori dibawah kebutuhan normal. Pengurangan dilakukan pada karbohidrat dan lemak, sedangkan pada protein harus sedikit diatas kebutuhan normal.

7) Diet penyakit jantung.
Bertujuan untuk member makanan secukupnya tanpa memberatkan pekerjaan jantung, mencegah penimbunan garam
dan air. Syarat utamanya untuk diet ini adalah rendah kalori, protein dan lemak sedang, vitamin dan mineral cukup, dan rendah garam.

8) Diet untuk penderita batu empedu
Diet ini bertujuan untuk memberikan istirahat pada kantong empedu, mengurangi rasa sakit, memelihara berat badan normal dan keseimbangan cairan tubuh. Syarat makanan bagi penderitabatu empedu adalah lemak yang diberikan harus yang mudah dicerna, kalori, protein dan karbohidrat cukup, tinggi vitamin yang larut dalam lemak (A, D, E, K), cukup mineral, banyak air, dan bumbu yang tidak merangsang. Porsi yang diberikan kecil tetapi sering.

9) Diet hati rendah garam.
Diet tujuannya adalah untuk memperbaiki gangguan pada fungsi hati. Pemberian makanan untuk diet ini harus memenuhi syarat karbohidrat tinggi, lemak dan protein disesuaikan dengan kondisi tubuh, cukup mineral dan vitamin. Hindari makanan yang menggandung gasal (singkong, ketan, ubi dan talas) dan
makanan yang menggandung bumbu yang merangsang.
Kemudian  ada diet yang ditanyakan oleh teman saya bagaimana diet untuk perokok, ya caranya  mungkin  hindari membeli rokok dan jangan menerima rokok dari teman

20 komentar:

  1. wew, ternyata ada banyak juga jenis diet yach *barutau

    BalasHapus
  2. Saya ingin mengurangi berat badan, lambat sekali prosesnya 1 tahun hanya berkurang 5 kg

    BalasHapus
  3. Nah,..ini untuk yang punya keingin untuk diet...infonya bagus...

    BalasHapus
  4. emang program diet banyak yang salah arti

    BalasHapus
  5. informasinya bermanfaat bagi yang menjalankan program diet, kebetulan saya sendiri dilarang diet (justru kalau diet, takut tambah ceking) hehe..

    BalasHapus
  6. Ternyata diet bukan untuk badan saja penyakit pun kita harus kita diet.Trims Pak. :)

    BalasHapus
  7. Tapi diet bukan berarti tidak makan melainkan mengurangi porsi dan kadar makanan yang akan kita makan :)

    BalasHapus
  8. Wah... foto ini terpasang lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dik Munir yang terbesar makanya harus buat rancangan khusus untuk diet.

      Hapus
    2. Judul entrinya perlu dibetulin dulu. Btw, apa yang salah yah? sehingga 3 entri terakhir tidak terbaca diwidget saya.

      Hapus
  9. Thank you. Artikelnya begitu menarik dan bermanfaat. Bisa menjadi Inspirasi baru.

    BalasHapus
  10. thanks banget gan informasinya



    -->> JUDUL SKRIPSI, TESIS, DISERTASI <<--

    Yang sedang bingung dengan judul SKripsi, Tesis, Disertasi
    mampir aja kesini... banyak dan lengkap dengan abstrak, artikel dan semua BAB

    http://mulok.library.um.ac.id/

    BalasHapus
  11. jadi diet ngga sembarang diet ya,,,semua ada bagian- bagiannya..
    terima kasih bang....

    BalasHapus
  12. terima kasih sudah berbagi infonya

    BalasHapus
  13. ternyata diet itu bermacam-macam yah,,terima kasih untuk infonya

    BalasHapus
  14. saya kira ini artikel tentang diet tubuh,,eh ternyata berbagai macam diet,,hhe,,,terima kasih infonya

    BalasHapus
  15. mantap... terkadang diet juga nyiksa banget kalau dijalanin, tapi kalau berhasil, senengnya minta ampun

    BalasHapus
  16. Makasih, saya jadi lebih ngerti sob.

    BalasHapus
  17. Thanks uda berbagi. Soal diet nih emang bisa salah kaparah kalau masin asal-asalan saja

    BalasHapus

jangan menanam link hidup didalam komentar anda

Followers