Catatan hal-hal menarik dalam hidup

About

Blog Popular

24 September, 2012

Siap-siap menghadapi Banjir

By on 16.01

Setiap musim penghujan, beberapa daerah di Indonesia pasti dilanda banjir. Salah satu daerah yang sering dilanda banjir adalah Provinsi DKI Jakarta.
 
Banjir menimbulkan kerugian bagi masyarakat yang menjadi korban. Kerugian akibat banjir, antara lain harta benda hanyut terseret arus banjir, persediaan air bersih berkurang, timbul penyakit kulit akibat air yang kotor, jalanan macet akibat terendam banjir. Setelah air surut, lingkungan akan menjadi kotor. Oleh karena banjir membawa sampah. Akibatnya, wabah penyakit seperti demam berdarah dan diare mudah menyerang warga.


Banjir bisa disebabkan karena faktor alam, bisa juga disebabkan oleh perilaku manusia. Faktor alam yang menyebabkan banjir, yaitu curah hujan yang sangat tinggi. Hal itu menyebabkan sungai tidak mampu menampung air hujan. Akibatnya, air sungai meluap dan terjadi banjir.

Banjir yang terjadi di Indonesia sebagian besar disebabkan oleh perilaku manusia. Perilaku manusia yang dapat menyebabkan banjir, yaitu membuang sampah di sungai. Selain itu, menebang hutan secara liar menyebabkan hilangnya serapan air.

bencana banjir sebenarnya bisa dicegah dan ditanggulangi. Beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menanggulangi banjir, yaitu
a. Tidak membuang sampah di sungai.
b. Tidak menebang pohon di hutan secara liar.
c. Melakukan reboisasi atau penanaman kembali.
d. Membuat daerah-daerah serapan air.
e. Membuat dam atau banjir kanal.
f. Saat musim kemarau dilakukan pengerukan sungai. Dengan demikian, saat musim penghujan sungai dapat menampung air lebih banyak.
Apabila daerah tempat tinggal kita dilanda banjir, hal-hal yang dapat kita lakukan adalah:

a. Carilah  tempat yang lebih tinggi, misalnya loteng rumah. Pindahlah ke lantai paling atas jika rumah bertingkat.
b. Pindahkan  surat  dan  barang-barang berharga ke tempat yang aman.
c. Apabila  ketinggian  air  belum  begitu  tinggi  mengungsilah ke tempat yang lebih aman.
d. Apabila terjebak di air yang dalam, carilah pegangan supaya tidak tenggelam.
e. Apabila bisa berenang, segeralah berenang menuju ke tempat yang lebih aman.

30 komentar:

  1. terima kasih anda telah share artikel yg bagus ini :D

    BalasHapus
  2. punca-punca banjir(terutamanya banjir kilat) dibandar sama seperti m'sia, longkang tersumbat, menebang pokok etc. mudahan tiada banjir teruk kali ini dan pastinya korban banjir harus dielakkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang betul. Kalau dah tersumbat tapi tidak dibaiki
      berlakunya trajedi banjir

      Hapus
  3. wah parah banget ya kalo uda banjir dijakarta ..

    BalasHapus
  4. tapikan sekarang ngga ada tanda-tanda musim hujan jadi ngga bakal banjir ..malah kekeringan :((

    BalasHapus
  5. ketika musim kemarau..banjir seakan dilupakan,
    namun ketika masuk musim penghujan...barulah kita bersiap menghadapi banjir, sungguh sangat disayangkan sikap seperti ini,
    semestinya kita mengantisipasi agar banjir tidak terjadi sebelum musim penghujan tiba ...bukannya malah bersiap menghadapi banjir dengan cara mengungsi ke tempat yang tidak terkena banjir :)

    BalasHapus
  6. sama juga seperti di sini.. kebiasaannya kerana buang sampah merata2.. dan menyebabkan saluran2 air tersumbat.. perkara inilah yang perlu kita jauhkan sebenarnya..

    p/s : hahaha.. saya orang biasa-biasa sahaja mas.. tak terkenal pun..

    BalasHapus
  7. Sebenarnya sayng sekali kalau air banjir yang melimpah itu dibuang. HArusnya dibuat penampungan untuk cadangan air agar ketika musim kemarau kita tidak kekurangan air.

    BalasHapus
  8. Himbuan dari Munir untuk orang Jakarta ni biar lebih persiapan..tapi kalo di kotaku masih dilanda kekeringan..masih bnyak warga yang memerlukan air..kangen kami dengan hujan..
    terimakasih infoya sobat..

    BalasHapus
  9. Memang sekarang sedang musim kemarau yang cukup panjang, dan sebentar lagi akan datang musim hujan dan biasanya memang banjir pada awal-awal musim hujan seringkali terjadi Bang..
    Kebiasaan buruk masyarakat kita pulalah yang menjadi salah satu faktor penyebab banjir ini...

    BalasHapus
  10. banjir sangat sulit untuk di tangani yah..

    BalasHapus
  11. Kata kuncinya adalah kesadaran diri, karena segala sesuatunya tergantung dari ulah manusia itu sendiri.

    BalasHapus
  12. bener gan, kita harus waspada nih...............

    BalasHapus
  13. sampai kapan 'bencana' ini akan terjadi ??

    BalasHapus
  14. memang sudah mulai musim hujan ya pak? di tempat saya malah panas banget....
    tapi terima kaish atas share nya

    BalasHapus
  15. memang semua orang tidak ingin kelanda banjir, tetapi tidak menutup kemungkinan sebentar lagi akan datang musim hujan. buat kita lebih waspada dan pihak pemerintah terus memantau kegiatan masyarakat aja biar gx terlalu ngenyel buang sampah. dan pihak kesehatan kalo bisa dipersiapkandari sekarng dalam pencegahan akan timbulnya penyakit kulit atas benca banjir yang akan datng..... semaaaaaaaaaaaaang

    BalasHapus
  16. waduh musim hujan datang nih.,.,.,.,.,.,

    BalasHapus
  17. sering terjadi banjir karena manusia melupakan alam di sekitar mereka sendiri. jangankan menjaga mereka merusak alam hanya untuk kebutuhan pribadi mereka.

    BalasHapus
  18. banjir itu emang udah jd primadona, terutama di kota besar :)

    BalasHapus
  19. semoga nanti bisa di temukan solusi untuk menangani banjir tersebut ...

    BalasHapus
  20. bukan jakarta namanya bila tidak mendengar kata kata banjir ...

    BalasHapus
  21. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    Hidup akan menjadi indah jika kita bisa bermanfaat untuk orang lain.
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

    BalasHapus
  22. Pakai threded ya.. pusing sob.. komentar diatas 200 nya kagak mau nampil nih..

    BalasHapus
  23. Sudah siap mas wilayah jakarta sudah bebas dari banjir karena sudah ada kali kanal timur... 2.t juta penduduk jakarta sekarang terbebas dari banjir.. ditambah pak jokowi sudah jadi gubernur mulai akhir tahun ini... orang pintar pasti buat rakyat jadi sejahtera... semoga saja lebih baik kota jakarta ini...

    BalasHapus
  24. lakukan dari sekarang,, supaya tidak terjadi banjir lagi

    BalasHapus
  25. balik lagi ke masing2 individunya... skr pemimpin kita sudah pro rakyat, sebagai rakyat jg harus ngedukung pemimpin kita dgn jangan buang sampah sembarang...!!!

    Mampir kesini ya Info Diskon, Kuliner, Lalu Lintas Terbaru Dan Aplikasi Terbaru untuk Android dan Iphone

    BalasHapus
  26. Setju sekali sob dengan cara penanggulangan banjirnya.. sugan di lembang suka banjir ?? hehee

    BalasHapus

jangan menanam link hidup didalam komentar anda

Followers