Catatan hal-hal menarik dalam hidup

Blog Popular

20 Agustus, 2012

Pertanyaan Seputar Puasa 6 hari di bulan Syawal

By on 08.08

Gambar Idul Fitri 1433H (Lebaran) 2012 | Download Wallpaper Idul Fitri Terbaru
Setelah Berpuasa satu bulan lamanya kita beridul  fitri berbahagia pada 1 Syawal, kita masih rindu Ramadhan, suasana dan ibadahnya. Pada bulan Syawal kita mengenal puasa 6 hari. Ada beberapa Pertanyaan seputar Puasa 6 hari di bulan Syawal.

Apa hukum berpuasa 6 hari di bulan Syawal
Hukum Puasa 6 hari di bulan Syawal adalah Sunnah,  Hadist tentang hal ini  Sahih  Ahmad dan Syafii dan banyak ulama terkemuka yang mengikutinya.

Apakah puasa Syawal harus dilaksanakan secara berturut-turut
Berpuasa di bulan Syawal Ulama berbeda  pendapat tentang tata cara yang paling baik dalam melaksanakan puasa enam hari di bulan Syawal.
Pendapat pertama, dianjurkan untuk menjalankan puasa Syawal secara berturut-turut, sejak awal bulan. Ini adalah pendapat Imam Syafi’i dan Ibnul Mubarak. Pendapat ini didasari sebuah hadis, namun hadisnya lemah.
Pendapat kedua, tidak ada beda dalam keutamaan, antara dilakukan secara berturut-turut dengan dilakukan secara terpisah-pisah. Ini adalah pendapat Imam Waki’ dan Imam Ahmad.
Pendapat ketiga, tidak boleh melaksanakan puasa persis setelah Idul Fitri karena itu adalah hari makan dan minum. Namun, sebaiknya puasanya dilakukan sekitar tengah bulan. Ini adalah pendapat Ma’mar, Abdurrazaq, dan diriwayatkan dari Atha’. Kata Ibnu Rajab, “Ini adalah pendapat yang aneh.” (Lathaiful Ma’arif, hlm. 384–385)
Pendapat yang lebih kuat dalam hal ini adalah pendapat yang menyatakan bolehnya puasa Syawal tanpa berurutan. Keutamaannya sama dengan puasa Syawal secara terpisah. Syekh Abdul Aziz bin Baz ditanya tentang puasa Syawal, apakah harus berurutan?
Beliau menjelaskan, “Puasa 6 hari di bulan Syawal adalah sunah yang sahih dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Boleh dikerjakan secara berurutan atau terpisah karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan keterangan secara umum terkait pelaksanaan puasa Syawal, dan beliau tidak menjelaskan apakah berurutan ataukah terpisah. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Barang siapa yang berpuasa Ramadan, kemudian diikuti puasa enam hari bulan Syawal ….‘ (Hadis riwayat Muslim, dalam Shahih-nya).
Apakah Boleh berpuasa 6 hari di bulan Syawal jika masih punya kewajiban qadla bulan Ramadhan
Jika seseorang masih punya hutang Qadla puasa Ramadhan maka sebaiknya ia melunasi dulu hutang puasa puasa tersebut lalu menyambungnya dengan Puasa Syawal, 
APA KEUTAMAAN PUASA ENAM HARI DI BULAN SYAWAL
Abu Ayyub Al-Anshari radhiallahu 'anhu meriwayatkan, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :
"Barangsiapa berpuasa penuh di bulan Ramadhan lalu menyambungnya dengan (puasa) enam hari di bulan Syawal, maka (pahalanya) seperti ia berpuasa selama satu tahun . (HR. Muslim).
Imam Ahmad dan An-Nasa'i, meriwayatkan dari Tsauban, Nabi shallallahu 'alaihi wasalllam bersabda:
"Puasa Ramadhan (ganjarannya) sebanding dengan (puasa) sepuluh bulan, sedangkan puasa enam hari (di bulan Syawal, pahalanya) sebanding dengan (puasa) dua bulan, maka itulah bagaikan berpuasa selama setahun penuh." ( Hadits riwayat Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban dalam "Shahih" mereka.)
Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
"Barangsiapa berpuasa Ramadham lantas disambung dengan enam hari di bulan Syawal, maka ia bagaikan telah berpuasa selama setahun. " (HR. Al-Bazzar) (Al Mundziri berkata: "Salah satu sanad yang befiau miliki adalah shahih.")
Pahala puasa Ramadhan yang dilanjutkan dengan puasa enam hari di bulan Syawal menyamai pahala puasa satu tahun penuh, karena setiap hasanah (tebaikan) diganjar sepuluh kali lipatnya, sebagaimana telah disinggung dalam hadits Tsauban di muka.











26 komentar:

  1. Semoga kita diberikan kekuatan untuk menjalankannya dan menyempurnakan nilai ibadah kita

    MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN

    salam dari pamekasan madura

    BalasHapus
  2. Jadi semangat :)
    tapi apakah boleh, puasa digabung dengan 2 niat boleh gak ? kayak puasa senin digabung samaa puasa syawal gitu

    BalasHapus
  3. Jadi jelas sekarang Bang...
    Insya Allah...segera akan melaksanakan puasa sunnah 6 hari di bulan Syawal

    BalasHapus
  4. nice info....jelas banget...jawab pertanyaan ane yang masi bingung ni artikel

    BalasHapus
  5. Informasinya pas nih saat ini sedang menjalani puasa syawal

    BalasHapus
  6. setelah puasa Ramadhan..kini saat-nya puasa Syawal,,,agar ibadah puasa kita terhitung setahun :)

    BalasHapus
  7. puasa 6 hari setelah lebaran justru sangat di anjurkan untuk menghapus dosa dosa kita di masa lalu

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah sampai juga di blog ini.

    Selamat puasa syawal bagi yang melaksanakannya, dan salam kenal

    BalasHapus
  9. wwaah ternyata cukup banyak pendapat pendapat tentang tata cara menjalankan puasa ini .

    BalasHapus
  10. ana baru dpt 4 hari berturut turut semoga kuat hingga 6 hari. Baru th ini 2012 punya niat. Th lalu blong he he

    BalasHapus
  11. subhaanallaah...besar sekali pahal melaksanakan puasa pada 6 hari di bulan syawal. yang menjadi permasalahan adalah, saya masih belum bisa menjalankannya. pemalas, hehehe..

    BalasHapus
  12. maknyess, kalo puasa di minggu pertama bulan syawal; hmm.. masih banyak kue dimana-mana hehehe
    makasih sharenya mas

    ʍìղɑӀ 'ɑìժìղ աɑӀ աɑìՀìղ - ʍօհօղ ʍɑɑƒ Ӏɑհìɾ ժɑղ Ҍɑէìղ

    BalasHapus
  13. puasa sunah 6hari dibulan syawal memang sudah tertera dalam sebuah hadist, tapi masih banyak orang yang tidak percaya.
    bahkan kebanyakan orang malah menganggap puasa setelah lebaran ini haram.
    semoga dengan postingan ini jadi banyak yang tau mengenai hukum dan keutamaan berpuasa dibulan syawal ..

    BalasHapus
  14. subhanAllah,,,benar2 ya keutamaan puasa ini,,,halangannya juga amat berat..hehe

    BalasHapus
  15. Karuania dan Kasih Alloh untuk hamba-Nya sungguh besar

    BalasHapus
  16. yang pasti cobaan puasa syawal lebih berat ketimbang puasa 30 hari di bulan ramadhan . .

    BalasHapus
  17. namun sayang sangat sulit untuk kita orang awam menjalanmkan ibadah sunah tersebut ..

    BalasHapus
  18. memang benar ya karunia Alloh SWT itu amatlah besar ,, :)

    BalasHapus
  19. Semangat berpuasa Syawal, semoga diberi segala kebaikan..

    BalasHapus
  20. setelah baca , dan ada hadisnya yang menyatakan sunnah saya jadi tertarik untuk puasa selama 6 hari di bulan syawal , sekalian nemenin istri puasa kodo :)

    BalasHapus
  21. klau kta org-org yg prnah puasa 6 hr d bln syawal, godaannya lbih brat ya ,,,

    tp jd pngen nyoba ,,,
    mksih infonya gan ,.

    BalasHapus
  22. Ada lagi pertanyaan bejini bang "APAKAH BOLEH PUASA SYAWAL DINIATKAN JUGA UNTUK MELUNASI PUASA YANG KURANG?" hadah-hadah. Satu ibadah dengan 2 niat jemana tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. siipp pertanyaan nya sama dengan apa yang ada di benak sya..

      Hapus
  23. subhanallah, sambil mengkodo puasa yang bolong kemarin,terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus

jangan menanam link hidup didalam komentar anda

Followers