Catatan hal-hal menarik dalam hidup

Blog Popular

27 Juli, 2012

Tanda-tanda Serangan Jantung akan menimpa anda

By on 18.57


Serangan jantung (jantung koroner) kini tak hanya menyerang usia tua tapi juga orang-orang muda. Serangan jantung ini bukan datang tiba-tiba karena sebelum serangan itu muncul sudah ada tanda-tanda yang disampaikan tubuh.

Tapi tanda-tanda ini memang sering diabaikan orang. Bahkan menurut penelitian dari MiDAS di Milan, Italia tahun 2006, hampir sekitar 52 persen penderita penyakit jantung koroner tidak mengalami keluhan nyeri dada atau sering disebut dengan silent ischemia.

Dilansir dari MayoClinic, Sabtu (5/2/2011) penyakit jantung koroner adalah suatu penyakit akibat penyempitan atau tersumbatnya pembuluh darah arteri koroner, yaitu pembuluh darah yang akan mengalirkan darah dengan membawa sari makanan dan oksigen yang dibutuhkan otot jantung agar bisa berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh

Jantung manusia memompa darah ke seluruh tubuh secra konstan yaitu sekitar 4-5 liter darah setiap menitnya. Karena itu jika aliran darah tersebut tidak lancar bisa mengakibatkan kerusakan otot jantung yang menyebabkan gangguan pompa jantung (gagal jantung) dan kematian.

Pemicu serangan jantung antara lain olahraga yang berlebihan, marah yang mengeluarkan banyak emosi atau kegiatan lain yang dilakukan secara berlebihan. Menurut Dr M. Taufik Arifin Pohan, SpJP seperti dilansir dari tulisannya di detikHealth, setidaknya ada 5 tanda serangan jantung yang harus diwaspadai:

  1. Rasa tertekan (serasa ditimpa beban, sakit, terjepit dan terbakar) yang menyebabkan sesak napas dan tercekik di leher.
  2. Rasa sakit ini bisa menjalar ke lengan kiri,leher dan punggung.
  3. Rasa sakitnya bisa berlangsung sekitar 15-20 menit dan terjadi secara terus menerus.
  4. Timbul keringat dingin, tubuh lemah, jantung berdebar dan bahkan hingga pingsan.
  5. Rasa sakit ini bisa berkurang saat sedang istirahat, tapi akan bertambah berat jika sedang beraktivitas.

Beberapa cara bisa dilakukan untuk mencegah serangan jantung seperti menjaga kadar lemak darah kolesterol, menjaga tekanan darah agar terkontrol, berhenti merokok, menghindari makanan berlemak, mencukupkan konsumsi sayur dan buah, berolahraga teratur, mengurangi berat badan serta mengurangi stres.

18 komentar:

  1. Berarti klo ada tanda2 seperti itu harus waspada, besar juga lhoo 52% yg terkena jantung koroner.
    Memang jaman sekarang banyak yg wafat tiba2 krn serangan jantung gak perduli orang gak mampu . Kalau jaman dulu , org yg wafat tiba2 , dikatakan kena serangan angin duduk.

    BalasHapus
  2. Means if there are signs like the one above it should be alert, big thanks also 52% are exposed to coronary heart disease.
    Indeed today many who died suddenly from a heart attack that is also no matter people cannot afford. If the first time, people who died suddenly, are said to be exposed to the wind attack sitting.

    BalasHapus
  3. benar sekali kawan..tanda-tanda ini yang perlu kita ketahui gar bisa diantisipasi, jangan tiba-tiba kena penyakit jantung..ternyata sudah fatal sekali dan tak tertolong

    BalasHapus
  4. gawat sekali ini pak..
    benar sekali seperti pada pak hariyanto.. tanda2 ini menjadi penting ketika kita dihadapkan pada suatu problema yang tidak jelas kapan dan bahkan siapa yang akan tertimpa..

    BalasHapus
  5. Mudah-mudahan terhindar dari segala penyakit mematikan...

    BalasHapus
  6. hmmmm serem juga yahhh thx ats informasinya gan

    BalasHapus
  7. brarti kita harus lebih waspada . trima kasih infonya gan ,,

    BalasHapus
  8. euuuch ngeri juga ane baca artikelnya gan,. terima kasih infonya, mari kita jaga pola hidup sehat kita agar terhindar dari penyakit..!

    BalasHapus
  9. ngeri banget ,, harus hati hati yaa http://jodyworld.id-fb.com/

    BalasHapus
  10. Memang sekarang penyakit jantung koroner ini trendsnya semakin meningkat Bang Munir...Di tempat bangsal saya bekerja saya pasiennya banyak, tiap hari di kateterisasi untuk mendiagnosis penyakit jantung koroner paling tidak 4 pasien Bang.

    Umur 40 tahun ke atas memang disarankan untuk medical cek up termasuk kesehatan jantung ini, apalagi yang mempunyai faktor resiko seperti halnya riwayat keluarga, hipetensi, diabetes melitus..

    BalasHapus
  11. makasih banyak atas semua info nya,,,,,,,,

    BalasHapus
  12. asasnya pemakanan yg sihat. semakin berusia, lebih baik kita kerap buat pemeriksaan kesihatan sebagai langkah berjaga2,

    BalasHapus
  13. iya ya, kita harus bner2 jga kesehatan dan juga mulai pola hidup yg sehat.

    BalasHapus
  14. makaish bnyk infonya sob...

    BalasHapus
  15. perlu waspada nih, harus sering olahraga

    BalasHapus
  16. Halah jangan nakut-nakutin sob.. jadi ingat dosa2 nih. hehe.

    BalasHapus

jangan menanam link hidup didalam komentar anda

Followers