Catatan hal-hal menarik dalam hidup

Blog Popular

17 Maret, 2012

Cara Belajar Efektif Menjelang Ujian Nasional 2012

By on 02.11


Tips Cara Belajar Efektif Menjelang Ujian Nasional | Inilah Cara Belajar Efektif Menjelang Ujian Nasional 2012 - TIPS BELAJAR EFEKTIF SAAT MENJELANG UJIAN

1. Pilih Waktu Belajar yang Tepat
Waktu belajar yang paling pas adalah pada saat badan kita masih segar. Memang tidak semua orang punya waktu belajar yang sama. Tapi biasanya, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh. Gunakan saat ini untuk mengolah materi-materi baru. Sisa-sisa energi bisa digunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah.

2. Bangun Suasana Belajar Yang Nyaman
Banyak hal yang bisa buat suasana belajar menjadi nyaman. Kita bisa pilih lagu yang sesuai dengan mood kita. Tempat belajar juga bisa kita sesuaikan. Kalau sedang bosan di kamar bisa di teras atau di perpustakaan. Kuncinya jangan sampai aktivitas belajar kita mengganggu dan terganggu oleh pihak lain.
3. Kembangkan Materi Yang Sudah di Pelajari
Kalau kita sudah mengulang materi dan menjawab semua soal latihan, jangan langsung tutup buku. Cobalah kita berpikir kritis ala ilmuwan. Buatlah beberapa pertanyaan yang belum disertakan dalam soal latihan. Minta tolong guru untuk menjawabnya. Kalau belum puas, cari jawabannya pada buku referensi lain atau internet. Cara ini mengajak kita untuk selalu berpikir ke depan dan kritis.

4. Mencatat Pokok-Pokok Pelajaran
Tinggalkan catatan pelajaran yang panjang. Ambil intisari atau kesimpulan dari setiap pelajaran yang sudah dibaca ulang. Kata-kata kunci inilah yang nanti berguna waktu kita mengulang pelajaran selama ujian.

5. Membaca Adalah Kunci Belajar
Supaya kita bisa paham, minimal bacalah materi baru dua kali dalam sehari, yakni sebelum dan sesudah materi itu diterangkan oleh guru. Karena otak sudah mengolah materi tersebut sebanyak tiga kali jadi bisa dijamin bakal tersimpan cukup lama di otak kita.

6. Belajar Itu Memahami Bukan Sekedar Menghapal
Ya, fungsi utama kenapa kita harus belajar adalah memahami hal-hal baru. Kita boleh hapal 100% semua detail pelajaran, tapi yang lebih penting adalah apakah kita sudah mengerti betul dengan semua materi yang dihapal itu. Jadi sebelum menghapal, selalu usahakan untuk memahami dulu garis besar materi pelajaran.

7. Hapalkan Kata-Kata Kunci
Kadang, mau tidak mau kita harus menghapal materi pelajaran yang lumayan banyak. Sebenarnya ini bisa disiasati. Buatlah kata-kata kunci dari setiap hapalan, supaya mudah diingat pada saat otak kita memanggilnya. Misal, kata kunci untuk nama-nama warna pelangi adalah MEJIKUHIBINIU, artinya merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.

8. Kembangkan Materi Yang Sudah di Pelajari
Kalau kita sudah mengulang materi dan menjawab semua soal latihan, jangan langsung tutup buku. Cobalah kita berpikir kritis ala ilmuwan. Buatlah beberapa pertanyaan yang belum disertakan dalam soal latihan. Minta tolong guru untuk menjawabnya. Kalau belum puas, cari jawabannya pada buku referensi lain atau internet. Cara ini mengajak kita untuk selalu berpikir ke depan dan kritis.

9. Latih Sendiri Kemampuan Kita
Sebenarnya kita bisa melatih sendiri kemampuan otak kita. Pada setiap akhir bab pelajaran, biasanya selalu diberikan soal-soal latihan. Tanpa perlu menunggu instruksi dari guru, coba jawab semua pertanyaan tersebut dan periksa sejauh mana kemampuan kita. Kalau materi jawaban tidak ada di buku, cobalah tanya ke guru.

10. Sediakan Waktu Untuk Istirahat
Belajar boleh kencang, tapi jangan lupa untuk istirahat. Kalau di kelas, setiap jeda pelajaran gunakan untuk melemaskan badan dan pikiran. Setiap 30-45 menit waktu belajar kita di rumah selalu selingi dengan istirahat. Kalau pikiran sudah suntuk, percuma saja memaksakan diri. Setelah istirahat, badan menjadi segar dan otak pun siap menerima materi baru.

Satu lagi, tujuan dari ulangan dan ujian adalah mengukur sejauh mana kemampuan kita untuk memahami materi pelajaran di sekolah. Selain menjawab soal-soal latihan, ada cara lain untuk mengetes apakah kita sudah paham suatu materi atau belum. Coba kita jelaskan dengan kata-kata sendiri setiap materi yang sudah dipelajari. Kalau kita bisa menerangkan dengan jelas dan teratur, tak perlu detail, berarti kita sudah paham. dan demikian Tips Cara Belajar Efektif Menjelang Ujian Nasional


Read more Tips Cara Belajar Efektif Menjelang Ujian Nasional | HTC Community http://ojelhtc.blogspot.com/2012/03/tips-cara-belajar-efektif-menjelang.html
Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Share Alike

36 komentar:

  1. Siippp... nanti saya rekomendasikan untuk siswa disini. Makasih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo yang ngasih tips Bang Munir sih aku gak ragu deh :) tapi ngomong2 udah mau deket UN ya bang?

      aku nambahin tips veriku deh:

      1. Belajar dulu
      2. Doa dulu sebelum ngerjain UN
      3. Percaya ama kemampuan diri sendiri aja karna yang dicontek juga belum tentu bener


      Wah berarti jadi makin sibuk untuk persiapan UN donk ya bang? apa lagi ngajar untuk pendaleman materi nih jangan2... semangat :)

      Hapus
  2. Tips yang bagus bang, khusus buat para pelajar yang mau menempuh UN...

    BalasHapus
  3. yang paling penting dan gampang diremehkan adalah no. 3. dan no. 4.

    BalasHapus
  4. harus banyak berlatih,,kalo bisa target bukan hanya lulus ujian nasional tapi lulus masuk ke perguruan tinggi yang kalian impikan,,hehehe..
    thanks buat tips nya

    BalasHapus
  5. tips yang bagus nihh !!!
    o..iya berlatih nyontek termasuk ga yaaa............. hihihihi kabuuuuuuurrrrrr !!!

    BalasHapus
  6. terimakasih telah memberikan saya untuk berkomentar

    BalasHapus
  7. semoga para murid sekarnag tidak mengalami stres tingkat tinggi mejelang uan !!

    BalasHapus
  8. nice :)
    saya senang mengikuti postingan anda
    postingan yang menarik .

    salam kenal yya dan sempatkan mampir ke
    website kami.

    BalasHapus
  9. i love ur post, keep share^^
    mampir balik ke website kami yaa...
    berbagi pada sesama dengan mengunjungi http://hapeduli.hajarabis.com/

    BalasHapus
  10. pas banget nih buat teman2 yg april nanti mau ujian

    BalasHapus
  11. mantap ..
    pas nih buat ane yang bentar lagi bakalan menghadapi ujian .. :)

    BalasHapus
  12. wah sudah hampir ujian ya bang? moga pada lulus semua
    ane juga mo belajar dulu :D
    trima kasih tipsnya, met liburan :)

    BalasHapus
  13. terimakasih gan atas infonya ,,,
    sangat bermanfaat...

    BalasHapus
  14. mantab banget tuh tipsnya... Makasih banyak tipsnya.. Mudah-mudahan UN kali ini semua siswa bisa meraih yang lebih baik dari tahun-tahun lalu. Amin...

    BalasHapus
  15. bentar lagi UN
    info yang bermanfaat

    BalasHapus
  16. tambahan pak..setelah tips itu dilaksanakan maka ulang lagi biar terasah,,,terus kuatkan mentalnya,,hee

    BalasHapus
  17. coba juga ajak teman untuk belajar kelompok. saling tanya jawab dengan orang lain tentu bisa sangat menyenangkan.

    BalasHapus
  18. semoga semuanya di berikan kemudahan aminn,..

    BalasHapus
  19. mantap bang artikelnya...

    BalasHapus
  20. wah pas banget nig agan informasinya untuk para ade-ade yang hendak melaksanakan ujian nasional...............agar mempersiapkan diri semaksimal mungkin dalam menghadapi soal ukiahn nasional. terimakasih gan atas informasinya yang sangat bermanfaat

    BalasHapus
  21. kalo saya lebih suka sistem kebut semalam...

    BalasHapus
  22. Wah kalau saya lebih milih nmr 4 aja deh, karena lebih enak kita belajarnya...
    Trms mas ats masukanya...

    BalasHapus
  23. semoga uan tahun ini ga jadi momok menakutkan bagi para pelajar indonesia !!

    BalasHapus
  24. info nya komplit gan....
    dan jelas,,,

    BalasHapus

jangan menanam link hidup didalam komentar anda

Followers