Catatan hal-hal menarik dalam hidup

Blog Popular

04 Januari, 2012

Kenali 6 Gejala Serangan Jantung pada wanita

By on 04.44


 
Serangan jantung bisa menyerang siapa saja. Tetapi karena cenderung yang terkena serangan jantung ke- banyakan pria, maka sering kali penyakit satu ini agak diabaikan oleh kaum wanita.

Menurut hasil penelitian menemukan, sebagian dokter memberikan lebih sedikit pemeriksaan, lebih jarang menindaklanjuti, lebih sedikit perawatan dan lebih sedikit pembedahan pada wanita. Mungkin ini yang menyebabkan mengapa serangan jantung lebih mematikan jika menimpa wanita dibanding pria.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh seputar apa saja yang menjadi gejala-gejala awal serangan jantung pada wanita, simak ulasan berikut.

1. Kesulitan bernafas

Jika Anda sering merasa sesak nafas pada saat duduk bahkan tidur, mungkin ada sesuatu yang salah. Sesak nafas yang disertai keringat dan pusing biasanya merupakan tanda serangan jantung. Berhati-hatilah, karena gejala ini bisa menyebabkan pingsan.

2. Lemas tanpa alasan

Merasa lemas dan lelah adalah normal jika Anda mengalami stres di kantor. Tapi jika Anda merasa lemas dan lelah lebih dari biasanya, bisa jadi Anda akan mengalami serangan jantung. Sebelum dan selama serangan tersebut, jantung Anda akan berhenti memompa dengan benar sehingga mengakibatkan oksigen dan glukosa menyebar ke seluruh tubuh. Hasilnya, Anda akan merasa sangat lemas.

3. Sulit tidur

Para ahli mengatakan bahwa gangguan sulit tidur merupakan gejala serangan jantung yang banyak dialami wanita. Saat mengalami gangguan tidur obtruktif, saluran nafas bagian atas terblokir akibatnya pernapasan terganggu sehingga serangan jantung lebih mungkin terjadi.

Menurut penelitian, wanita yang menderita penyakit jantung mengalami hal ini sebulan sebelum serangan jantung. Jadi jika Anda sering terbangun di tengah malam, berkeringat dingin dan tak mampu mengatur nafas, segeralah temui dokter.

4. Gangguan pencernaan

Dalam satu studi diketahui wanita dua kali lebih mungkin mengalami muntah, mual dan gangguan pencernaan selama beberapa bulan menjelang serangan jantung dibanding pria. Kondisi ini terjadi karena sumbatan lemak di arteri akan mengurangi suplai darah ke jantung yang biasanya terjadi di dada kadang bisa muncul di perut.

Hal ini tergantung pada bagian mana dari jantung yang mengalami gangguan sehingga ia mengirimkan sinyal rasa sakit di bagian tubuh yang lebih rendah dari dada.

Beberapa cara bisa dilakukan untuk mencegah serangan jantung seperti menjaga kadar lemak darah kolesterol, menjaga tekanan darah agar terkontrol, berhenti merokok, menghindari makanan berlemak, mencukupkan konsumsi sayur dan buah, berolahraga teratur, mengurangi berat badan serta mengurangi stres.

5. Mual dan muntah

Akibat tubuh Anda dalam keadaan ‘darurat’ selama serangan jantung, saraf yang mengendalikan fungsi tubuh bekerja terlalu keras. Ini akan membuat Anda sering berkeringat, pucat, pusing, mual dan kerap kali muntah. Para ahli tidak tahu persis alasan di balik keadaan ini, tapi jika Anda sering mengalami hal ini, ada baiknya untuk segera menemui dokter.

6. Sebagian tubuh terasa tidak nyaman

Logikanya, serangan jantung akan menyerang dan memberikan efek pada sisi kiri tubuh, terutama lengan kiri. Namun salah satu tanda serangan jantung adalah rasa sakit dan tidak nyaman pada lengan kiri atau kedua lengan. Sakit dan tidak nyaman ini juga terasa pada rahang, leher, punggung dan juga perut.

Sumber: http://niponk.blogspot.com/2012/01/6-gejala-serangan-jantung-pada-wanita.html

109 komentar:

  1. jantung bisa diatasi dengan XAMthone plus gan,hehe,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. informansi yang bermanfaat gan, dan salam kenal ea....

      Hapus
    2. lebih beik mencegah dari pada mengobati.. semoga saja dengan pola hidu sehat kita bisa terhindar dari penyakit yang mematikan ini ..

      Hapus
    3. Setuju bro, mencegah penyakit dengan pola hidup sehat masih lebih baik dari pada mengobati penyakit.

      Hapus
  2. untuk pencegahan seringlah lari.karena lari akan melatih kekuatan jantung dan otot betis

    BalasHapus
  3. gan bagus juga neh artikel,oh ya gan semua penyakit jantung klo saya pikir dilihat dari sudut pandang agama seh karena akhlaknya gan,salah satunya karena sering ngumbar emosi atau juga mendam emosi, gimana gan menurut gan

    BalasHapus
  4. nah.. kalo udah ngerasa gitu..
    pengobatan yg bagusnya gimana?

    BalasHapus
  5. info yg mnearik. barangkali obat herbal ini bisa jadi solusi.

    BalasHapus
  6. Informasi yang sangat penting untuk diketahui oleh semua orang khusunya wanita dan pasangannya.

    BalasHapus
  7. Terimakasih Pak atas artikel yang bermanfaat ini.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
  8. waduh.. 5 dari 6 ciri diatas pernah aku alamin :( serem amat yah mana papa aku jg ada penyakit jantung, i hope it all just false alarm.. amen..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo uda ada turunan penyakit jantung mending langsung penanganan dini dengan medical check up gan. Di rumah sakit Bethsaida lagi ada paket pemeriksaan jantung gan. dicoba aja. dokter spesialis penyakit jantung disana juga berkualitas banget.

      semoga bermanfaat gan

      Hapus
  9. artikelnya bagus banget nie gan,, di tunggu postingan terbarunya ya gan,,

    BalasHapus
  10. saya tidak pernah merasakan tanda2 itu,,alhamdulillah,,tapi adik saya sering sekali,,seperti sesak napas,,lemas dan muntah2 kalo pagi,,apakah itu gejala serangan jantung? tapi dya seorang lelaki..
    terima kasih gan

    BalasHapus
  11. info yang sangat bagus..
    terimakasih.

    BalasHapus
  12. olahraga teratur menjadi salah satu solusi pencegahan penyakit jantung

    BalasHapus
  13. gejala-gejala awal memang harus kita ketahui agar penyakit tersebut bisa langsung di tangani..
    terimakasih atas info nya.

    BalasHapus
  14. artikel yang sangat bagus nih..
    semoga bermanfaat untuk banyak orang.

    BalasHapus
  15. kalo penyebab-penyebab serangan jantung itu apa yah gan??

    BalasHapus
  16. kalo saya cuman point yang no 2 aja, ga tau kenapa seringlemas sendiri, padahal ga ngapa-ngapain

    BalasHapus
  17. artikelnya keren-keren yah

    BalasHapus
  18. waw serem banget , semua gejalanya aku rasain .
    tapi semoga aja ga punya penyakit jantung .
    thanks for share , ditunggu artikel terbarunya

    BalasHapus
  19. Gejalanya serem banget..
    mudah-mudahan aja itu gk pernah aku rasain!!

    makasih gan infonya :)
    sukses selalu ya...

    BalasHapus
  20. Mencegah lebih baik dari pada mengobati
    kenali gejala awal untuk dapat melakukan tindakan pencegahan

    salam dari pamekasan madura

    BalasHapus
  21. Sulit tidur termasuk juga rupanya

    BalasHapus
  22. oh gan biar ga kena penyakit jantung menurut ane seh gan ga usah sering marah atau mendem emosi tuh gan

    BalasHapus
  23. gan ijin nyedot yah infonya.makaseh gan

    BalasHapus
  24. tanda-tanda itu alhamdulillah gak ada,tapi saya sering mengalami serasa naik rolkoster kalau melewati yang landai (mudun kalau b.sundanya)

    BalasHapus
  25. mudah-mudahan gak terkena serangan jantung.

    jaga pola makan dan hidup sehat dari sekarang

    BalasHapus
  26. memang negri kalo jantung...
    kalo gak ktauan bisa tiba" fatal...

    BalasHapus
  27. saya merasakan gejalanya beberapa gan,,,semoga saja itu bukan termasuk,,saya takut sekali,,jantung adalah penyakit yang menakutkan,,terima kasih buat infonya

    BalasHapus
  28. berkunjung disini. tks. slm knl.

    BalasHapus
  29. nah cocok neih ,,
    klw kena serangan jantung cara mengobatinya tinggal
    kunjungi web saya, ada solusinya.
    terimakasih.

    BalasHapus
  30. kira-kira gejalanya sama dengan pria bro?

    BalasHapus
  31. Alhamdulillah yang dibahas untuk wanita *Lho???

    intinya sih mau pria mau wanita alangkah lebih baik untuk memulai cara hidup sehat, jadi penyakit model apapun gak minat untuk mampir hhe... :)

    BalasHapus
  32. makan - makanan yang sehat,olahraga yang teratur, banyak - banyak minum air putih,tidur secukupnya dan berdoalah kepada sang khalik ...

    setahu saya itulah cara kita untuk terbebas dari berbagai penyakit ...

    mantap artikelnya mas!!

    BalasHapus
  33. info yg bagus utk penderita jantung khusus buat wanita. tks gan infonya semoga obat tradisional bisa membantu.

    BalasHapus
  34. namanya penyakit jantung tidak kenal umur. siapa saja bisa kena. semoga dengan tips ini bisa membantu. tks.

    BalasHapus
  35. penyakit jantung itu emg sangat berbahaya...bisa menyebabkan kematian yang begitu mendadak...jd tidak akan sempat untuk makan dulu...
    heehhee...
    maaf kagax nyambung..tapi aku orngnya emg gini..suka bercanda...pokoknya terimakasih atas infonya...

    BalasHapus
  36. klo ciri 2 atau gejala penyakit jantung pada pri bagaimana,misalkan telapak tangannya itu suka berkeringa..apakah itu juga merupakan tanda tanda gejala penyakit jantung atau apa??
    sekian tks.

    BalasHapus
  37. kenali segera penyakit anda. sebaik mungkin mencegah sebelum mengobati.

    BalasHapus
  38. info yg menarik. tips sehat yg sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  39. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    BalasHapus
  40. Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

    BalasHapus
  41. Ide cemerlang saya dapat dari Artikel yang di buat di Wibesite ini, Wajib dicoba Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  42. Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

    BalasHapus
  43. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  44. Wibesite yang sangat Amazing, Artikel dan Tipsnya boleh dicoba. Semangat !!

    BalasHapus
  45. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  46. Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

    BalasHapus
  47. Artikel yang bermanfaat dan berguna, wajib di coba. sukses selalu

    BalasHapus
  48. Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  49. Info yang sangat menarik mas... Mari kita budayakan berjalan kaki, karena menurut artikel2 yang saya baca, selain dapat menjaga kebugaran tubuh, berjalan kaki baik untuk menjaga kesehatan jantung...

    "Mencegah lebih baik dari pada mengobati..."

    Sehat selalu, sukses selalu...
    Amin.

    BalasHapus
  50. gejalanya sama persis seperti yang saya rasakan,, tapi apakah mungkin saya mengalami penyakit ini ? umur saya baru 18 tahun,, saya takut periksa ke dokter karena saya masih ragu,,

    BalasHapus
  51. kalo tarik nafas dan menghembuskannya dalam2 itu sakit kira2 gejala jantung atau bukan yaaa??

    BalasHapus
  52. dan kalau saya berumur 16 tahun kira2 bisa mengalami penyakit jantung atau tdk yaaa?

    BalasHapus
  53. Penyakit jantung sebenarnya akan timbul waktu bertahun - tahun untuk berkembang. Pada sebagian kasus, penyakit ini kadang - kadang terjadi akkbat 30 tahun peradangan dan kerusakan dinding pembuluh darah yang tidak terlihat yang tak kasatmata.

    mungkin ni bisa samapaikan \. terima kasih

    BalasHapus
  54. informasi yang bagus banget gan, cool..bermanfaat utk mencegah serangan jantung sejak dini

    BalasHapus
  55. maksih articlenya..membantu saya bnget niihh..

    BalasHapus
  56. harus hati-hati nih,,tapi keponakan saya yang lelaki juga hampir sama punya ciri2 demikain,,jadi takut..
    terima kasihuntuk infonya ya pak,

    BalasHapus
  57. makasih gan sudah berbagi infonya,sangat bermanfaat sekali nih.setelah saya baca artikelnya saya jadi mengenal gejala-gejala serangan jantung terutama pada wanita.salam kenal yah sukses dan sehat selalu

    BalasHapus
  58. lebih beik mencegah dari pada mengobati.. semoga saja dengan pola hidu sehat kita bisa terhindar dari penyakit yang mematikan ini ..:)

    BalasHapus
  59. maksih telah berbagi info,..!!

    BalasHapus
  60. kaki dan telapak tangan saya sering basah,, trus trkadang dada kiri saya sering trasa sakit saat tidur miring atau pn melakukan aktifitas lain, trkadang saya juga sring merasa mual atau sesak nafas,,
    kalau kaki dan telapa tangan saya sih sudah lama seperti ini,,,
    tapi kalau untk nyeri dada kiri baru" ini,,,
    saya harus bagaimana ya ??
    tolong sarannya dong...
    saya takut juga ketika sudah baca artikel ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada baiknya ada mengadakan check up sakit di dada itulah yang berbahaya

      Hapus
  61. Entah ya.. Gan, saya sih sering susah tidur, sesak di dada kiri, Kalo tidur sering sesak napas.. Tapi susah tidur udh dari bulan2 lalu.. Saya takut eh.. Saya juga wanita lagi.. Gimana ya...?

    BalasHapus
  62. Memang wanita bisa juga terkena penyakit jantung bahkan serangan jantung. Di tempat saya bekerja memang beberapa pasien wanita positif serangan jantung dan diberikan terapi serta pengobatan dengan pemasangan stent (cincin jantung).

    Menurut teorinya serangan jantung lebih banyak terjadi pada pria, sedangkan kalau pada wanita seringkali yang terjadi adalah kelainan katup jantungnya.
    Terima kasih sahabat atas berbagi pengetahuan kesehatannya ini

    BalasHapus
  63. salam sehat untuk kita semua, biar terhindar dari penyakit jantung kita harus bisa gaya hidup sehat, dan jangan lupa untuk olahraga walaupun sesibuk apapun.

    BalasHapus
  64. obati nih gan ane jualan obat jantung

    BalasHapus
  65. ikut nyimak sobat dan bermanfaat banget nih infonya,salam sehat.

    BalasHapus
  66. aku juga ngerasain gejala-gejala tersebut<<<tapi belum seluruh nya yg tersa,yg tersa badan sering lemas tak menentu,kepala sering sakit,bahu bagian kanan dulu sekitar 1 thn yg lwt sring sakit,spt rasa nyilu,dan sekitar 4 bln blkngan tdk ada trsa lgi<dan sekitar 1 minggu blkngan ini sakit itu kmbli timbul,cman d bagian bahu kiri terasa nya....umur ku bru 18 thn,,,apa aku jg termasuk k dalam penykit it????

    BalasHapus
  67. sy kdng merskan spti itu tp dah ke dokter tp bkn specialis. cmn mantri aja. jg sdh cek jantung. detaknya jg normal . tp sering mersa tdk nyaman. gmn dong mengatasinya?????

    BalasHapus
  68. bisa jadi bahan untuk pencegahan yah gan,,

    BalasHapus
  69. sob kalo gejala -gejala serangan jantung untuk pria apakah sama dengan wanita...

    BalasHapus
  70. Thanks infonya saya bilangin ntar sama istri saya

    BalasHapus
  71. kami sangat merekomendasikan Xamthone Plus untuk mencegah dan mengobati jantung Anda

    BalasHapus
  72. wah harus lebih waspada lagi ni sekarang, terima kasih infonya :D

    BalasHapus
  73. ternyata wanita lebih rentan terhadap penyakit

    BalasHapus
  74. Bagaimana cara membedakan gejalanya dengan saat datang bulan ?
    Salam

    BalasHapus
  75. wah ini dapet pengetahuan baru,,,thx sob sharingnya sangat bermanfaat,, :)

    BalasHapus
  76. Terima kasih gan, telah dishare. Kebetulan cari artikel ini, gejala penyakit jantung pada perempuan. kemana-mana baca selalu menemukan yang gejala pada pria atau secara umum dan tidak secara spesifik mengarah kepada perempuan.

    BalasHapus
  77. waduh, thanks atas artikelnya. sangat bermanfaat pokoknya

    BalasHapus
  78. bila sakit jantung datang jd runyam masalahnya...badan jd tdk enak, aktivitas terganggu, mulai sekarang hiduplah yg sehat, olahraga yg teratur, konsumsi makanan yg sehat..."sehat itu begitu berharga",saya rasakan sendiri mas..makasih tipsnya gan...

    BalasHapus
  79. kalu sudah diketahui gejalanya harus dilakukan tindakan yang tepat untuk mengobatinya

    BalasHapus
  80. ataga seperti ini ya bang..serem

    BalasHapus
  81. sungguh kasian wanita semacam ini

    BalasHapus
  82. Wah serem juga, makasih gan tipsnya..manfaat sekali terutama bagi kaum hawa..

    BalasHapus
  83. Yuk, atasi dan sembuhkan penyakit jantung dengan TAHITIAN NONI, MORINDA BIOACTIVES, dengan bahan alami buah mengkudu di Tahiti, yg diproses dg higienis, terstandarisasi, dan berdasarkan penelitian dg lbh dari 53 patent untuk brbagai penyakit. Keunggulan PRODUK, PERUSAHAAN, MARKETING PLAN, membuat anda bisa menjadi sehat badan dan finansial serta pengembngan diri, dan bisnis jangka panjang. Gabung yuk! HUBUNGI, BASUKI HP.081365460975, NMR ID 3559438, SUKSES DI TANGAN ANDA SENDIRI

    BalasHapus
  84. Yuk, atasi dan sembuhkan penyakit jantung dengan TAHITIAN NONI, MORINDA BIOACTIVES, dengan bahan alami buah mengkudu di Tahiti, yg diproses dg higienis, terstandarisasi, dan berdasarkan penelitian dg lbh dari 53 patent untuk brbagai penyakit. Keunggulan PRODUK, PERUSAHAAN, MARKETING PLAN, membuat anda bisa menjadi sehat badan dan finansial serta pengembngan diri, dan bisnis jangka panjang. Gabung yuk! HUBUNGI, BASUKI HP.081365460975, NMR ID 3559438, SUKSES DI TANGAN ANDA SENDIRI

    BalasHapus
  85. makan yang bergizi (banyak makan sayuran dan buah/jangan daging melulu),tidur cukup,olahraga teratur..dsb....

    BalasHapus
  86. Serangan jantung juga bisa diakibatkan karena stress yang berkepanjangan, kurang berolah raga, mengkonsumsi makanan yg berkolesterol, kurang beristirahat/suka begadang, dan yang paling mematikan adalah kebiasaan merokok. Saran saya banyak2 minum air putih secara teratur atau Banyak-banyak mengkonsumsi biji2an seperti gandum karena mengandung serat yang alami yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah didalam organ jantung.

    BalasHapus
  87. info kesehatan yang sangat bermanfaat sahabat makasih uda mau shear.

    BalasHapus
  88. blog ini memang blog yg lengkap, tampilan cukup simple dan loading juga cukup cepa, banyak sekali hal-hal yg bisa di temukan di blog ini...

    BalasHapus
  89. Kalau org yg tangannya selalu keringetan, keringatnya itu dingin. Pernah denger kalau gejala gtu lemah jantungnya, bnr G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡?

    parapencariinspirasi.blogspot.com

    BalasHapus
  90. katanya penyakit jantung penyakit "pembunuh" no satu di Indonesia ya? menakutkan gan .... thanks atas informasinya...

    BalasHapus

jangan menanam link hidup didalam komentar anda

Followers